BUDIDAYA1Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. melaksanakan penebaran bibit ikan pada kolam budidaya Ikan yang telah diberi BIOS 44 di Kelurahan Tanah Mas Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Kamis (16/2).

Pada acara ini Danrem 044/Gapo mengatakan pada mulanya tahun 2015 di Sumatera Selatan sangat memprihatinkan akibat kabut asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan, maka mumcul ide menciptakan bahan pencegah kebakaran.

BUDIDAYA3

Menurutnya ide awal munculnya BIOS 44 adalah dalam rangka untuk mencegah kebakaran pada lahan yang mudah terbakar terutama lahan gambut, dan selanjutnya berkembang digunakan untuk mengurai tanah tandus menjadi subur.

Pada tahun 2016, Bios 44 digunakan pada lahan gabut, lalu dikembangkan ke sektor perikanan seperti yang sedang dilakukan ini, dan juga berfungsi untuk mengembalikan tanah bekas tambang yang merupakan lahan terbengkalai menjadi lahan yang dapat bermanfaat  bagi masyarakat.

“Kita upayakan melalui BIOS 44 ini diharapkan membantu masalah yang selama ini dialami oleh masyarakat sesuai kebutuhan, baik pertanian maupun yang lainnya,” urai Danrem 044/Gapo dihadapan kelompok tani budidaya ikan Banyuasin.

Ditempat yang sama Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Czi Mulyadi, S.IP. menyampaikan ujicoba BIOS 44 telah dilakukan untuk merestorasi lahan gambut agar tidak mudah terbakar dan menetralisir lahan, dan kemudian berkembang digunakan untuk menurunkan Ph air menjadi lebih baik.

“Nah di Tanah Mas ini kita akan mencoba mengembangkannya dengan bekerjasama dengan kelompok tani budidaya ikan setempat, dan kita harapkan mampu membantu meningkatkan hasil produksi budidaya ikan,” jelasnya.

BUDIDAYA2

Sementara itu tokoh Masyarakat di Tanah Mas Bapak Ariwinayuri menyambut baik adanya Teknologi BIOS 44, dan secara kebetulan dilingkungan Tanah Mas banyak kelompok masyarakat yang membudidayakan ikan.

“Disini banyak yang  melakukan budidaya ikan dan diharapkan mampu membantu produktifitas untuk meningkatkan pemasukan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut ia berterima kasih atas respon cepat dari jajaran Korem 044/Gapo untuk membantu kelompok tani budidaya ikan dalam meningkatkan mutu produksi ikan, kedepan diharapkan bisa terus berjalan dengan baik.

Hadir dalam acara tersebut Danrem 044/Gapo, Kasrem 044/Gapo, Dandim 0401/Muba, Dandim 0418/Plg, Kasiintelrem 044/Gapo, Kadis Perikanan Kab. Banyuasin, Danramil 401-08/Talang Kelapa, Camat Talang Kelapa, Kades Tanah Mas dan Kelompok Tani Budidaya Ikan Talang Kelapa.

Comments

By admin

Leave a Reply