SULUH1Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Sekitar 100 warga masyarakat Kp. Tanjung Bubuk dan Kp. Tanjung Barangan Kel. Bukit Baru Kec. Ilir Barat I Kota Palembang menerima penyuluhan pertanian dari Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kota Pelembang bertempat di Pos Kotis Satgas TMMD, kegiatan penyuluhan ini merupakan rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 98 Kodim 0418/Palembang, Selasa (25/4).

Hadir sebagai narasumber atau pemberi materi Srd. Hidayatullah (Penyuluh pertanian Hortikultura wilayah Kel. Bukit Baru) dari Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kota Pelembang. Dihadapan warga masyarakat, ia memaparkan tentang budidaya tanaman cabai, mengingat cabai merupakan salah satu komoditas pertanian paling dibutuhkan masyarakat pada saat saat tertentu dan harganya bisa naik berlipat lipat.  Hal ini membuat budidaya cabai menjadi tantangan tersendiri bagi para petani, karena disamping fluktuasi harganya, budidaya cabai cukup rentan dengan kondisi cuaca dan serangan hama.

SULUH4

Hidayatullah mengungkapkan, berdasarkan data di lapangan, hasil produksi pertanian di Kel. Bukit Baru masih sangat rendah. Hal itu dipengaruhi adanya penggunaan pupuk belum tepat, baik pemberian pupuk organik maupun kimia. Menurutnya, penggunaan pupuk kimia yang tidak sesuai takaran tidak dianjurkan, sebab hal itu membuat hasil panen tidak dapat maksimal.

“Sebenarnya ada cara jitu yang perlu dilakukan petani, diantaranya penanganan pengendalian hama penyakit tanaman dengan penggunaan pestisida yang tepat dan pastikan penyemprotan hama saat hama pada posisi lemah atau masih berbentuk ulat,” bebernya.

SULUH3

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat Bapak Edi selesai mengikuti penyuluhan mengatakan sangat senang dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Satgas TMMD ke 98 Kodim 0418/Palembang karena penyuluhan seperti ini tidak pernah ada di Kp. Tanjung Barangan, sehingga dengan penyuluhan ini tentunya wawasan warga menjadi bertambah, dimana yang tadinya tidak mengerti tentang tata cara menyemai, menanam kemudian merawat cabai, dengan adanya penyuluhan ini menjadi tahu walaupun belum mendalami, dan nantinya ilmu yang didapat dari penyuluhan ini akan dipraktekan dirumah.

Begitu juga yang disampaikan oleh Sdr Yanto yang merupakan Tokoh Pemuda di Kp. Tanjung merasa salut dengan Bapak TNI karena bisa memfasilitasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk melakukan penyuluhan pertanian di Kampung kami, terlebih lagi di Kampung kami ini banyak lahan tidur yang tidak dimanfaatkan, sehingga dengan penyuluhan ini nantinya lahan tidur tersebut dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam cabai.

SULUH2

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0418/Palembang, Kapten Kav Suherman yang hadir saat itu mengungkapkan, penyuluhan dilakukan guna memberikan wawasan tambahan kepada warga masyarakat tempat diselenggarakannya TMMD ke-98. Pasca mengikuti penyuluhan, warga diharapkan dapat menerapkannya di lahan masing-masing.

“Ya kami beraharap penyuluhan ini memberikan manfaat kepada para warga, dan kedepan bisa meningkatkan produktivitas hasil cabainya. Jika perlu tambahan pengawalan, maka TNI dan Dinas Pertanian siap mengawal,” terangnya.

Comments

By admin

Leave a Reply