PKK

Tabloid-DESA.com MUARADUA – Untuk meningkatkan gerakan menanam tanaman pangan diseluruh wilayah kabupaten, kecamatan sampai ke desa, maka Tim Penggerak PKK bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian mencanangkan  Gerakan Tanam (Gertam) cabai, Rabu (08/03) di Gedung PKK Kabupaten OKU Selatan.

Acara ini dihadiri oleh Bupati beserta Wabup OKU Selatan dengan segenap jajarannya, Kapolres OKU Selatan dan Ka. TP PKK Kecamatan serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten OKU Selatan Sutina,SP menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini, agar terpenuhi kebutuhan bahan pangan pokok salah satunya adalah cabai di setiap rumah tangga.

Dan untuk itu perlu pemanfaatan pekarangan rumah untuk dijadikan sumber pangan pokok sehat dan bergizi, serta terwujudnya halaman rumah yang asri, teratur, indah dan nyaman.

“Gerakan ini akan dilanjutkan pemberian kepada desa-desa berupa bibit cabai, pupuk kandang dan polibek sebanyak 45.000 melalui dinas Pertanian OKU Selatan,” ungkap Sutina lebih lanjut seperti dikutip dari laman Detak-Palembang.com.

Dan sasaran utamanya adala desa yang berpotensi rawan pangan ataupun desa miskin

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonetasari mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan karena harga bahan pangan salah satunya cabai selalu melonjak tinggi.

Sehingga kata Isyana, pemerintah pusat, provinsi dan daerah menganjurkan supaya masyarakat dapat melakukan hal kecil seperti penanaman cabe di pekarangan rumah.

“Dan mari bersama-sama kita kembangkan dan lakukan niat dari kabupaten kita sendiri agar kita bisa menanam tanaman dapur tidak hanya cabai tetapi sayur mayur juga agar kita tidak membeli lagi di warung,” ajak ibu muda ini.

Dalam sambutannya Bupati  Popo Ali mengatakan harapannya, bersama badan ketahanan pangan dan dinas pertanian gerakan ini harus diteruskan sampai ketingkat kecamatan dan tingkat desa.

“Semoga semua ini dapat terencana sesuai target yang diinginkan dan dapat bergerak dengan nyata karena, gerakan ini sangat simpel, mudah dan bermanfaat,” harap Popo optimis diakhir sambutannya.

Comments

By admin

Leave a Reply