KLA1

Tabloid-DESA.com SEKAYU – Dengan telah berhasilnya Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) meraih predikat sebagai Kota Layak Anak (KLA) dari Pemerintah Pusat pada 22 Juli 2017 yang lalu, maka untuk mengimplementasikan prestasi tersebut tentunya KLA hendaknya harus sampai ke tingkat kecamatan hingga desa. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Muba, Dewi Sartika SE MSi. Pernyataan tersebut diutarakan pada Rapat.

Koordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di bawah garis koordinasi Asisten I di Ruang Rapat Randik, Jumat (25/8).

“Dalam rangka mengimplementasikan Kabupaten Muba sebagai KLA, nantinya direncanakan pada 24 Oktober mendatang dalam rangka Memperingati Hari Anak Nasional, instasi kami akan dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Anti Narkoba dengan narasumber dari Jakarta, sekaligus Deklarasi Anti Kekerasan Perempuan dan Anak serta Pencetusan Kartu Identitas Anak (KIA). Kegiatan ini lintas sektor dimana bekerjasama dengan TP PKK Muba beserta Bhayangkari Polres Muba yang turut mendukung terwujudnya Kabupaten Muba Kota Layak Anak,” jelasnya.

Menanggapi apa yang disampaikan tersebut, Asisten I Setda Muba,  H Rusli SP MM mengatakan agar instansi terkait tetap terus berkoordinasi untuk dapat mengimplementasikan rangkaian program kegiatan dengan telah berhasilnya Kabupaten Muba meraih predikat sebagai Kota Layak Anak dari pemerintah pusat.

“KLA ibarat rumah bagi semua jenis intervensi pembangunan anak, baik dalam bentuk kebijakan program maupun kegiatan. Semua itu dikemas menjadi sebuah sistem pembangunan yang holistik, berbasis hak anak, yang ditujukan untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak di era desentralisasi, maka dari itu target KLA agar bisa capai hingga ke tingkat desa,” ucapnya.

Sebagai informasi, rapat yang dilaksanakan setiap Jumat ini merupakan rapat rutin dengan tujuan untuk menyampaikan laporan terkini Perangkat Daerah terkait yang lebih menyoroti pada perencanaan kegiatan ataupun kendala yang dihadapi di masing-masing OPD setiap minggunya.

Turut hadir dalam rapat tersebut diantaranya dari Bagian Perbatasan, Tata Pemerintahan, dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba serta Inspektorat, Disdukcapil, Dinas Kesehatan, RSUD, Dinas Sosial dan Sekretariat DPRD.

Comments

By admin

Leave a Reply