Kodim 0401/Muba Gelar Latihan Posko I

POSKO1Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Guna menyiapan satuan kewilayanan dalam rangka penanggulangan bencana alam serta membentuk prajurit dan satuan yang profesional dalam melaksanakan tugas yang akan dihadapi, Korem 044/Gapo menggelar Latihan Posko I Tahun 2017 di wilayah Kodim 0401/Muba, Rabu (3/5).

Bertempat di lapangan apel Makodim 0401/Muba Kepala Staf Korem 044/Gapo Letkol Inf Imanulhak mewakili Komandan Korem 044/Gapo membuka secara langsung Latihan Posko I Tahun 2017 Kodim 0401/Muba yang dihadiri oleh Asisten I Bupati Muba H.Rusli SP,M.M., Kaban Kesbangpol HM Soleh Naim, S.E., MM., Polres Muba, Kadisbun Muba,  dan Ka BPBP Muba.

POSKO2

Dalam amanat Danrem 044/Gapo yang dibacakan oleh Kasrem mengatakan bahwa Latihan Posko I Kodim 0401/Muba  tahun 2017 yaitu melaksanakan operasi bantuan kepada pemerintah Daerah dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin.

Latihan Posko I tingkat Kodim yang akan diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 3 s.d. 5 Mei  2017 ini bertujuan untuk melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara Komando dan Staf untuk membantu Pemerintah Daerah setempat dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan bersama BPBD Kab. Muba sesuai dengan Doktrin TNI AD, seperti yang tercantum dalam tema latihan kali ini “Satgas PRCPB 0401/Muba Melaksanakan Operasi Bantuan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin Dalam Rangka Penanggulangan Bencana BPBD Provinsi Sumsel”.

POSKO3

Adapun sasaran Latihan Posko I yang harus dicapai  yaitu mampu melaksanakan kegiatan prosedur hubungan Komandan dan Staf sesuai mekanisme yang berlaku, mampu melaksanakan komando pengendalian dalam satuan operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah, mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait sesuai mekanisme dan prosedur, mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan di lapangan, terlaksananya penyiapan dan aplikasi rencana operasi dan protap satuan, terlaksanakannya komando, kendali komunikasi dan informasi secara optimal. Untuk mencapai tujuan dan sasaran Latihan Posko maka sekenario latihan harus dapat mendekati situasi dan kondisi sebenarnya yang mungkin terjadi di lapangan.

POSKO4

Dengan cara ini maka dapat diukur kemampuan setiap staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul di lapangan, sekaligus dapat melakukan perbaikan, pengembangan dan penyempurnaan baik menyangkut protap, prosedur maupun taktik dan kodal yang lebih menggambarkan kesiapan satuan dalam menjalankan tugas pokoknya di lapangan.

Selanjutnya dalam pelaksanaan Latihan Posko I Danrem 044/Gapo mengharapkan kepada seluruh peserta latihan agar sungguh-sungguh melaksanakan seluruh materi dan tahapan latihan, sehingga kualitas hasil akhir dari pelaksanaan latihan Latihan Posko I tingkat Kodim kali ini dapat diraih secara optimal.

Comments

Leave a Reply