ZIARAH1Tabloid-DESA.com PALEMBANG¬† — Kiyai Muara Ogan nama aslinya adalah Kiyai Masagus Haji Abdul Hamid bin Masagus Haji Mahmud Alias Kanang, menurut sejarah beliau lahir di fajar hari tahun 1227 H. bersamaan dengan tahun 1811 M. Beliau lahir di kampung Karang Berahi (sekarang Kelurahan Kertapati).

Oleh karena beliau berdomisili di tepi sungai Musi dipertemuan antara sungai Ogan dan sungai Musi tepatnya di Muara Sungai Ogan beliau lebih dikenal dengan sebutan Kiyai Muara Ogan atau Kiai Marogan atau Kiyai Merogan.

Nama ini juga dipakai sebagai nama jalan dari Simpang Empat jembatan sungai Ogan Kertapati 1 Ulu sampai kearah Simpang Empat Kemang Agung arah jembatan Musi II Palembang. Ayah Kiai Muara Ogan juga seorang ulama, merupakan salah seorang murid dari Syekh Abdusshomad Al Falembani sedangkan ibunya bernama Verawati seorang wanita Siam (Cina).

Kiai Muara Ogan mempunyai seorang adik laki-laki yang bernama Kiai Masagus Haji Abdul Aziz lebih dikenal sebagai Kiai Mudo, karena usianya lebih muda dari Kiai Muara Ogan. Kiai Muara Ogan merupakan keturunan dari Maulana Malik Ibrahim dan Raden Fatah , dua orang diantara Wali Songo yang terkenal (silsilah terlampir).

ZIARAH2

Kiai Muara Ogan wafat malam Rabu tanggal 17 Rajab 1319 H. bersamaan tanggal 31 Oktober 1901 M. dan dimakamkan dihalaman sebelah Selatan Masjid beliau dalam usia lebih kurang 90 tahun.

Sebelum melakukan kegiatan jalan santai H. Aswari Rivai SE Beserta Calon Walikota-Wali Kota Palembang H. Sarimuda-H. Abdul Rozak melakukan Ziarah bersma ke makan Kiyai Moara Ogan, dan ini akan menjadi salah satu bekal semangatnya jika terpilih untuk memimpin Sumsel.

“Yo kak Wari tadi ziarah kemakan Kiyai Muara Ogan beliau Kiyai yang di segani dan sayangi oleh masyarakat Palembang dan Kertapati ini dan sampai sekarang makam beliau ini masih ramai diziarahi orang dari berbagai kalangan baik dari dalam kota maupun dari luar kota Palembang, ” ucap Aswari

Dilanjutkan Aswari didampingi oleh H.Sarimuda ia juga memintak Doa di Depan Makan Kiyai Muara Ogan dan restu untuk memimpin Sumatera Selatan kedepannya.

“Mudah-mudahan masyarakat Sumsel mempercayai kami untuk mengemban amanah memimpin bumi Sriwijaya ini ke depan,” kata Aswari Minggu (28/01).

Comments

By admin

Leave a Reply