APEL

Tabloid-DESA.com MARTAPURA – Apel kesiapsiagaan Satgas penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kabupaten OKU Timur dipimpin oleh Bupati OKU Timur, Bapak KH. Kholid Mawardi bertempat di Lapangan Pemkab. OKU Timur Desa Kotabaru Selatan Kec. Martapura Kab. OKUTimur, Kamis (16/2).

Kegiatan ini diselenggarakan guna mengecek kesiapan Satgas penanggulangan Karhutla yang telah dibentuk baik personel maupun perlengkapannya, sehingga sewaktu-waktu digerakkan dalam kondisi siap.

Satgas ini merupakan satuan tugas yang memiliki tugas dalam melaksanakan upaya-upaya penanganan Karhutla di wilayah Kabupaten OKU Timur meliputi upaya pencegahan, pemadaman, penyelamatan dan pembinaan masyarakat terkait dengan penanganan Karhutla.

Dalam sambutannya Bupati OKU Timur KH. Kholid Mawardi menyampaikan bahwa, setiap perusahaan yang memiliki lahan kosong agar segera dimanfaatkan dan harus sudah menyiapkan Alpal penanggulangan kebakaran lahan.

“Menurut prakiraan cuaca pada tahun 2017 ini, musim kemarau akan lebih awal dan panjang dibanding dengan tahun 2016, maka Satgas Karhutla agar segera menyiapkan personel dan perlengkapan dalam rangka penanggulangan Karhutla yang mungkin timbul,” ungkapnya.

“Bencana musiman berupa kabut asap pada tahun ini harus dihindari, mengingat dampak yang ditimbulkan sangat luar biasa bagi kehidupan manusia, baik kesehatan maupun perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu kebakaran harus kita cegah,” tambahnya.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan Motor Resque oleh Bupati OKUT kepada Kadis BPBD OKUT, pemasangan Rompi kepada Tim Reaksi Cepat (TRC) OKUT dan peninjauan perlengkapan yang digunakan oleh Satgas penanggulangan Karhutla.

Hadir dalam Apel kesiapsiagaan tersebut Bupati OKUT, Dandim 0403/OKU, Kapolres OKUT, Kasi Intel Kejari Martapura, Danyon Armed-15/105, Kabag Jianbang Puslatpur Kodiklat TNI AD dan Danden Tebek II-44-04A/Baturaja.

Comments

By admin

Leave a Reply