APEL3

Tabloid-DESA.com KAYUAGUNG – Dansatgas Karhutla Prov. Sumsel sekaligus Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. menghadiri kegiatan apel gelar pasukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dipimpin oleh Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Bapak Iskandar di halaman Kantor Bupati OKI jalan Lentan Yusuf Singadekane Kayuagung, Kamis (9/3).

Apel gelar pasukan ini diikuti oleh 1.214 orang yang terdiri dari anggota TNI, Polri, BPBD Kab. OKI, Disdik, Disbunak, Dinkes, RSUD, Puskesmas Kayuagung dan Kotaraya, Dinsos, Sat Pol PP, Manggala Agni, Pramuka dan Kades serta perwakilan 24 Perusahaan yang ada di wilayah Sumsel.

APEL2

Dalam sambutannya Bupati OKI meminta agar pada 2017 tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan, cukuplah peristiwa pada tahun 2015 sebagai pelajaran bagi kita semua, betapa sulitnya untuk mengantisipasinya. “Saya rasa kita semuanya yang ada di sini, kebakaran tahun 2015 mengingatkan kita, saat itu betul-betul kita kerja keras dibuatnya, namun karena api sudah menjalar dan sudah membesar segala cara yang kita lakukan menjadi sulit” katanya.

“Kita juga sama-sama tahu dampak dari kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2015, tidak terhitung berapa banyak kerugian yang kita alami kerugian karena dampak dari aktivitas ekonomi yang berhenti, dampak gangguan kesehatan dan hilangnya habitat keragaman hayati yang tidak bisa dihitung secara ekonomi, oleh sebab itu kita semuanya harus antisipasi jangan sampai peristiwa kebakaran tahun 2015 terulang lagi pada tahun 2017 ini,” harapnya.

Disisi lain Komandan Korem 044/Gapo di sela-sela apel menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan dengan melibatkan banyak pihak ini, untuk memastikan kesiapan semua pihak yang terlibat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

APEL1

Dijelaskannya, Korem beserta jajarannya  bersama BPBD dan didukung oleh pihak lain, akan bersama-sama memulai secara dini melakukan kesiapan menjaga wilayah Sumsel agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan seperti yang terjadi pada tahun 2015 lalu, dan diharapkan dengan kegiatan ini akan diketahui kesiapan masing-masing instansi yang terlibat dalam operasi penanggulangan Karhutla 2017, sehingga kebakaran tidak akan terjadi lagi,” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan, setelah apel gelar pasukan ini, kegiatan akan dilanjutkan dengan kegiatan latihan praktek lapangan secara tekhnis cara memadamkan kebakaran, hal ini dilakukan untuk melatih kesiapan dari setiap instansi sesuai tanggungjawabnya masing-masing.

Comments

By admin

Leave a Reply