BANJIR

Tabloid-DESA – Hampir seluruh wilayah di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terendam banjir. Kondisi banjir musim tahun ini lebih parah dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu titik banjir adalah Desa Raja Jaya Kecamatan Penukal yang tingginya sudah mencapai pinggang orang dewasa. Air yang membanjiri wilayah tersebut mencemari sumber air bersih sehingga tidak layak konsumsi. Akibatnya warga kekurangan air bersih untuk dikonsumsi.

“Akibatnya, saat ini masyarakat dusun 1, 2 dan 3 desa kami kekurangan air bersih,” ungkap Sapri, Kepala Desa Raja Jaya seperti dikutip beritapali.

Selain tingginya curah hujan, lanjut Sapril, letak geografis wilayah Desa yang dekat dengan aliran sungai juga menjadi penyebab banjir.

“Ditambah bendungan Cek Dam yang membelah desa kami tidak dapat lagi menampung air, maka debit air kian bertambah,” lanjutnya.

Sapril berharap agar Pemkab PALI melalui dinas terkait dapat memberikan bantuan kepada warga yang sudah beberapa hari tidak dapat bekerja untuk mencari nafkah karena jalan menuju kebun juga terendam banjir.

 

Comments

By admin

Leave a Reply