LISTRIK1

Tabloid-DESA – Warga Desa Kota Dalam yang termasuk desa terpencil di Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Sumatera Selatan, sekarang ini sudah menikmati fasilitas penerangan listrik dan air bersih.

Warga Desa Kota Dalam yang termasuk desa terpencil itu sekarang sudah dapat merasakan fasilitas penerangan listrik dan air bersih, berkat adanya bantuan dana desa dari pemerintah pusat, kata Kepala Desa (Kades) Kota Dalam, Syamsul Nasution di Muaradua, Minggu.

Ia menjelaskan, warga Desa Kota Dalam daerah terpencil yang berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat Kota Muaradua ibukota Kabupaten OKU Selatan sejak tahun 2015 sudah menikmati jaringan listrik dan air bersih dari pegunungan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti masyarakat di daerah lain pada umumnya.

Hal tersebut, tidak lepas dari peran serta aparatur desanya yang proaktif dalam penggunaan dana bantuan dari pemerintah pusat memprogramkan pembangunan jaringan listrik dan air bersih untuk kesejahteraan masyarakat di desa itu.

LISTRIK

“Alhamdulilah sejak desa kami dipimpin oleh Kades Syamsul Nasution pada pemilihan kades tahun 2013 banyak perubahan yang berdampak positif seperti jaringan listrik sekarang sudah tidak gelap gulita lagi kalau malam hari,” kata Hadinata salah satu masyarakat Desa Kota Dalam seperti dikutip sumsel.antaranews.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga sudah menikmati air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari pegunungan yang mengalir ke pipa langsung ke rumah penduduk.

Padahal, kata dia, sebelumnya untuk mendapatkan air bersih warga harus ke sungai yang berjarak sekitar 1,5 kilometer.

Menurut Kades Kota Dalam, Syamsul Nasution, dalam penggunaan dana bantuan pemerintah memprioritaskan sesuai kebutuhan penduduk di wilayah itu agar program dilaksanakan dapat lebih dirasakan manfaatnya.

Menurut dia, program air bersih menggunakan dana APBD Provinsi tahun 2015 dengan membuat penampungan air bersumber dari pegunungan yang berjarak sekitar 4 kilometer menyambung ke saluran pipa di 60 titik keran air di desa langsung mengalir ke rumah penduduk.

“Sekarang masyarakat tidak susah lagi ke sungai untuk mendapat air bersih, karena pipa dari penampungan langsung mengalir ke rumah warga. Selain itu jaringan listrik juga sudah masuk, dan desa tersebut tidak gelap gulita lagi saat malam hari,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Desa Kota Dalam merupakan daerah paling ujung dari 15 desa lainnya di Kecamatan Mekakau Ilir jarang tersentuh pembangunan, karena berada di pelosok berjarak sekitar 80 kilometer dari Muaradua ibukota Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumsel.

Ia menambahkan, jabatan kades merupakan amanah dari masyarakat yang harus dipertanggungjawabkan untuk kepentingan masyarakat itu sendiri. Sementara, keberhasilan yang didapat saat ini juga tidak lepas dari peran serta masyarakat Desa Kota Dalam yang antusiasi turut mensukseskan pembangunan di desa tersebut, kata kades yang jugan pensiunan TNI tahun 2013 sekaligus Ketua Forum Desa Kecamatan Mekakau Ilir tersebut.

Comments

By admin

Leave a Reply