Sekda Masifkan GSMP Inisiasi Gubernur Herman Deru ke Kalangan Purna dan Praja IPDN

#DPP IKAPTK Dukung Gubernur Herman Deru Wujudkan Sumsel Menjadi Barometer Pembangunan di Indonesia

Tabloid-DESA.com, PALEMBANG – Sekda Provinsi Sumsel Ir. S.A. Supriono menghadiri acara Silaturahmi Antar Purna Praja APDN/STPDN/IPDN dengan Praja IPDN bersama Gubernur Sumsel H. Herman Deru, di Hotel Aston, Rabu (4/1/23) malam. Kesempatan itu tak disia-siakannya untuk mengenalkan gerakan sumsel mandiri pangan (GSMP) yang diinisasi Gubernur Sumsel H. Herman Deru sebagai salah satu upaya menekan angka kemiskinan di Sumsel.

Negara Indonesia khususnya Provinsi Sumsel dikatakan Sekda Supriono memiliki kekayaan alam yang berlimpah terutama di bidang pertanian. Namun menurutnya jika kelebihan itu lalai dimanfaatkan bukan tidak mungkin akan memicu krisis pangan di tanah air.

“Kita punya alam bagus, iklim yang bagus tentu tidak mau nantinya kekurangan pangan. Maka inisiasi Pak Gubernur Herman Deru menggalakkan GSMP mulai dari pekarangan rumah sendiri tentu sangat bagus dan patut didukung semua masyarakat tidak terkecuali purna maupun praja IPDN asal Sumsel,” jelasnya.

GSMP menurutnya diyakini mampu menekan angka kemiskinan. Sebab dengan mengubah mindset masyarakat yang biasanya menjadi konsumen menjadi produsen, maka kesejahteraan maayarakat juga perlahan akan meningkat. Karena dengan menanam sayur, cabai, bawang, tomat hingga beternak masyarakat tentu bisa memenuhi kebutuhan sendiri dan menjadikannya tambahan penghasilan.

“Mendidik masyarakat bisa menghasilkan pangan sendiri itu juga salah satu langkah entaskan kemiskinan,” tegasnya.

Sementara itu terkait acara silaturahmi antar Purna Praja APDN/STPDN/IPDN dengan Praja Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri diakuinya sangat positif dan perlu didukung. Semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan rasa kekeluargaan, baik sesama para purna praja maupun purna praja dengan para praja yang masih menempuh pendidikan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Iapun berharap silaturahmi antar purna praja dan para praja dapat terus dilakukan setiap tahunnya untuk dijadikan agenda tetap. Sehingga semua saling mengenal dan terjalin keakraban sebagai sebuah keluarga besar APDN/STPDN/IPDN Sumatera Selatan.

Lebih jauh Ia berpesan kepada para praja asal Sumatera Selatan untuk dapat mengikuti pendidikan di IPDN dengan giat dan tekun agar dapat menjadi lulusan terbaik yang dapat membanggakan keluarga dan mengharumkan nama Sumatera Selatan.

Di ujung sambutan, Ia juga mengingatkan kepada para praja agar manfaatkan kesempatan pada acara silaturahmi ini untuk menggali dan menyerap kemampuan serta pengalaman dari para purna praja.

Untuk dapat dijadikan bekal yang berharga bukan hanya dalam menempuh pendidikan namun juga saat menjadi aparatur sipil negara.

Demikian juga dengan para purna praja agar dapat mengasuh dan memberikan bimbingan kepada para praja untuk  menjadi pribadi yang kuat dan mandiri.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua dan mendapat bimbingan, ridho’ serta lindungan dari Allah SWT,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPP IKAPTK Sumsel H. Achmad Rizwan S.STP. MM mengatakan melalui kesempatan ini atas nama DPP IKAPTK Sumatera Selatan Ia berterimakasih kepada Gubernur Sumsel yang hadir diwakili Sekda Provinsi Ir. S.A. Supriono.

Dikatakannya IPDN adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi kedinasan dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah baik di tingkat daerah maupun tingkat pusat.

Dalam pelaksanaan Pendidikan di IPDN  melaksanakan sistem pendidikan JARLATSUH (Pengajaran, Pelatihan dan Pengasuhan) dilaksanakan selama 4 (Empat) tahun mulai dari Praja Pratama (TK. I), Praja Muda (TK.II), Praja Madya (TK.III), dan Praja Utama (TK.IV).

Dapat kesempatan itu Ia melaporkan bahwa dalam kegiatan ini hadir juga para orang tua Praja IPDN dan 169 orang Praja IPDN asal Provinsi Sumatera Selatan yang sedang menempuh pendidikan, yang terdiri dari Praja Utama 51 Orang, Praja Madya 42 Orang, Praja Muda 40 Orang dan Praja Pratama 36 Orang.

Lebih jauh Ia mengatakan kegiatan pada hari ini diharapkan dapat meningkatkan silahturahmi antara Purna Praja dengan Praja IPDN dan Pemprov Sumsel yang bertujuan untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam membantu serta mendukung Gubernur Sumatera Selatan Bapak H.Herman Deru melakukan pembangunan yang merata di Sumatera Selatan baik pembangunan infrastruktur fisik dan non fisik bagi kesejahteraan masyarakat Sumatera Selatan guna mewujudkan Visi Sumsel Maju Untuk Semua.

“Melalui sinergitas dan kolaborasi kegiatan pembangunan yang telah di lakukan di Provinsi Sumatera Selatan sudah menjadi kewajiban dan tugas kami  Para Purna Praja dengan Praja IPDN untuk menginformasikan atau mengendorse kepada masyarakat agar dapat diketahui dan dinikmati tidak hanya masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan tapi di Indonesia. Sehingga Provinsi Sumatera Selatan dapat menjadi salah satu barometer pembangunan di Indonesia,” jelasnya.

Ia juga mengatakan pada Tahun 2023 ini Provinsi Sumatera Selatan mendapat kehormatan menjadi Tuan Rumah World Cup U20 Tahun 2023,  Melalui kesempatan ini atas nama Para Purna Praja beserta Para Praja IPDN Provinsi Sumatera Selatan kami siap mendukung dan mensukseskan kegiatan tersebut.

“Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Sumatera Selatan atas perhatian yang luar biasa kepada seluruh Purna Praja dan Praja IPDN Provinsi Sumatera Selatan.

Semoga Allah SWT selalu melimpahkan taufik dan hidayah-Nya dan senantiasa meridhoi usaha Bapak Gubernur dalam memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat Sumatera Selatan,” jelasnya. *