MAHFUD

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Bangsa Indonesia ternyata lahir dari hasil suara terbanyak di masa awal berdirinya. Hingga bentuk negara demokrasi yang ada saat ini, merupakan kesepakatan bersama para tokoh bangsa.

Hal itu dikatakan Mantan Ketua MK, Mahfud MD kemarin, saat memberi kuliah umum bertema etika penyelenggara negara dalam perspektif filsafat hukum tata negara di Universitas Islam Negeri (UIN)  Raden Fatah Palembang,  Kamis (26/1).

Menurut dia, Pada awal Indonesia berdiri, Ir Soekarno dan Moh Hatta berdebat mengenai bentuk negara  Indonesia. “Bung Hatta menginginkan negara Indonesia berbentuk federal dengan kekuasaan terbagi-bagi,  tetapi Bung Karno ingin sebuah bentuk negara kesatuan atau republik, maka akhirnya dilakukan voting oleh para tokoh negara sehingga diputuskan bentuk republik, dan akhirnya kedua Bapak Bangsa itu berusaha keras mewujudkan kesatuan,” jelas Mahfud.

Dia mengatakan, Indonesia sebagai Negara Republik berdasarkan Undang-Undang Dasar sudah tepat,  akan tetapi dinamika politik terus menggoyahkan kekuatan negara dan pemerintah sehingga dampaknya lahir ketimpangan serta ketidakadilan.

Comments

By admin

Leave a Reply