Herman Deru Ajak Para Kades Kompak Layani Warga 1 x 24 Jam

# Silaturahmi Bersama Kades Terpilih Se Kecamatan Air Kumbang dan Banyuasin 1

Tabloid-DESA.com BANYUASIN – Antusias warga menyambut kehadiran Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru yang melakukan kunjugan kerja Kecamatan Air Kumbang dan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin dalam rangka silaturahmi dengan Kepala Desa Terpilih se- Kecamatan Air Kumbang dan Kecamatan Banyuasin 1 Kabupaten Banyuasin, yang dipusatkan di Desa Panca Kumbang, Jumat (4/2) siang.

Respon luar bisa atas kehadiran gubernur tersebut bukan tanpa alasan, karena warga sekitar berharap orang nomor satu di Sumsel tersebut akan membawa angin segar berupa perbaikan bagi perekonomian warga sekitar melalui perbaikan infrastruktur dan sejenisnya.

Dikesempatan itu Gubernur Herman Deru berjanji akan segera merespon keinginan warga di Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin yang membutuhkan perbaikan infrastruktur baik jalan, jembatan, penerangan lampu jalan hingga perbaikan masjid.

“Dinas-dinas yang bersangkutan dicatat apa yang diinginkan oleh masyarakat, seperti masjid tadi juga sudah kita bantu,” kata Herman Deru mengawali sambutannya. 

Menurut Herman Deru salah satu tujuannya melakukan blusukan turun ke desa-desa di pelosok Sumsel karena banyak hal yang penting yang didapatkan, diantaranya akan dapat mengetahui secara langsung kondisi wilayah sekitar. Bahkan bukan saat menjabat sebagai gubernur Sumsel saja, namun hal tersebut sudah dilakukannya sejak dari jauh hari saat masih menjabat sebagai Bupati OKU Timur beberapa tahun silam.

“Saat menjadi Bupati OKU Timur beberapa tahun lalu, Saya selalu berkeliling desa hingga melantik satu persatu Kades agar tau kondisi desa tersebut. Pengalaman saya selaku anak kepala desa hingga menjadi Bupati membuat saya tau betul bagaiamana beban berat seorang kades,” katanya. 

Menurutnya sekorang kades itu harus punya waktu 1×24 jam untuk melayani, mengayomi melindungi masyarakatnya. Karena itu dia meminta para kades itu tidak boleh disorientasi apalagi berubah sikap prilaku. 

“Tugas kita itu melayani dengan kerja ikhlas. Saya (sebagai Gubernur) termasuk Bupati/Walikota, Camat hingga Kades itu sama tugasnya adalah untuk melayani masyarakat,” tegasnya.

Tak hanya itu, dia juga berpesan dalam menyelesaikan permasalahan ataupun membangun daerah itu harus diutamakan adalah komunikasi dan keharmonisan.

“Artinya membangun daerah itu lakukan komunikasi yang baik, seperti saya bersama dengan pak Bupati dan Wabup Banyuasin, kita lihat pembanguan infrastruktur di wilayah Banyuasin itu terlihat dan nyata berkat komunikasi dan harmonis yang baik,” terangnya.

Sebelum mengakhiri sambutanya, Herman Deru mengajak para Kades termasuk ibu kades dan masyarakat untuk sukseskan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (SMP). 

“Gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini merubah prilaku kita dari konsumtif jadi produktif. Jadi kita mulai dulu dari bibit sayur, cabai dan tomat, tanpa kita sadari itu akan mengurangi biaya kita yang tadinya membeli,” ucapnya.

Sementara itu Kades Prajen Anhar selaku perwakilan para Kades menyebutkan Kades se- Kecamatan Air Kumbang, Kades yang sudah dilantik sebanyak 11 orang Kades sedangkan Kades Kecamatan Banyuasin I ada 9 orang. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur telah menjawab kerinduan kami sehingga bisa hadri secara langsung,” ucapnya.

Lanjut Anhar menyampaikan sejumlah keinginan warga desa yang ada di Kecamatan Air Kumbang dan Kecamatan Banyuasin I yang ditujukan pada Gubernur Herman Deru untuk segera memberikan perbaikan infrastruktur jalan, jembatan serta penerangan lampu jalan yang ada diwilayah kedua Kecamatan Bertetangga tersebut. 

“Jalan dari Desa Prajen, Mariana hingga mau menuju Palembang banyak jalur transportasinya yang berlubang dan tidak layak di lalui apalagi roda dua. Besar harapan kami dari masyarakat, kiranya bapak Gubernur bisa memperbaiki jalan tersebut,” katanya.

Lebih lanjut Anhar menyampaikan harapan warga desa Pemantang Palas dan Desa Cinta Manis Lama yang mengeluhkan akses transportasi. Selain itu masalah penerangan jalan juga menjadi harapan warga untuk segera direalisasikan.

“Akses di ruas jalan desa itu ada jembatan saat ini belum di rehap dan bahkan hampir roboh. Selain itu kalau malam hari gelap karena lampu jalan belum terpasang bahkan ada yang sudah rusak,” imbuhnya.

Turut hadir pada kesempatan, Anggota DPRD Provinsi Sumsel, Muhammad Yaser, Wakil Bupati Kabupaten Banyuasin, Slamet Sumosentono, FKPD Kabupaten Banyuasin/mewakili, Para OPD Sumsel dilingkungan Pemprov Sumsel dan para Kades Kecamatan Air Kumbang dan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin.*

Comments