KADES

Tabloid-DESA – Bupati Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Kuryana Azis akan melantik sebanyak 57 Kepala Desa baru diselenggarakan di lapangan terbuka taman Kota Baturaja, pada 16 Desember mendatang.

Para kepala desa (Kades) akan dilantik itu adalah pemenang pemilihan kades (Pilkades) yang diselenggarakan serentak beberapa waktu lalu, kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Ogan Komering Ulu (OKU), Kholik di Baturaja, Jumat (9/12) seperti diberitakan sumsel.antaranews.com.

Pelantikan itu kata dia, nantinya direncanakan tidak menggunakan tenda di lapangan terbuka, dan hanya tamu undangan saja yang disiapkan tenda.

Sementara, dari 57 kepala desa (Kades) terpilih itu ada satu kades diprotes dan masalahnya sekarang ini sedang ditangani pihak berwenang, namun akan tetap dilantik.

Namun jika memang nantinya terbukti bersalah, maka sesuai aturan berlaku, yakni Perda No 10 dan Perbup No 32 tentang Pilkades bahwa apabila berhalangan, maka akan diadakan pergantian antar waktu (PAW) ditunjuk dari hasil musyawarah desa.

“Jadi tidak lagi dilakukan pemilihan ulang. Melainkan dipilih hasil musyawarah desa saja,” jelasnya.

Namun sebelum musyawarah desa dilakukan, untuk mengisi kekosongan, bupati memiliki hak untuk menunjuk penjabat Kepala Desa.

Kholik menambahkan, usai dilantik ke 57 Kepala Desa tersebut direncanakan akan dibekali melalui bimbingan teknis untuk melaksanakan tugas dan fungsinya.

Comments

By admin

Leave a Reply