BENTUK

Tabloid-DESA.com MAKARTI JAYA – Di zaman canggihnya teknologi komunikasi dan informasi seperti saat ini, arus informasi yang diterima masyarakat sudah semestinya tidak terbentur kondisi geografis. Namun, keadaan geografis Kabupaten Banyuasin yang didominasi kawasan perairan menyebabkan beberapa informasi dari pemerintah ke masyarakat juga masih sering mengalami hambatan. Mengatasi kondisi ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Banyuasin membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ditingkat kecamatan sebagai jembatan informasi hingga di lini terkecil.

Untuk tahap pertama KIM Kecamatan di bentuk di Kecamatan Makarti Jaya. Acara yang selenggarakan di Ruang rapat kantor camat Makarti Jaya pada Kamis, 27 April 2017 ini dihadiri langsung oleh ketua KIM Kabupaten Banyuasin, Drs. H. Rustam Dermawan, M.Si. Kegiatan ini diikuti oleh para Kades, staf Desa dan Kecamatan dari 12 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Makarti Jaya.

Rustam menjelaskan, KIM merupakan lembaga layanan publik yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kondisi masing-masing daerah.

“Kalau dulu, kita kenal dengan nama kelompencapir,” urainya. Ditambahkannya, KIM berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat, selain juga sebagai wadah penyerapan aspirasi dari masyarakat.

Camat Makarti Jaya, Drs.Surono,M.Si menyambut baik kehadiran KIM di Kecamatan Makarti Jaya. Menurutnya keberadaan KIM dapat membantu masyarakat menyaring informasi yang saat ini bisa sampai ke masyarakat dengan sangat deras.

“Walau kami di daerah perairan tetapi berita hoax juga sering sampai di masyarakat, seperti beberapa saat yang lalu heboh berita adanya penculikan di Makarti,namun setelah saat konfirmasi ke pihak Polsek ternyata kabar itu tidak benar,” jelas Surono.

Kepala Diskominfo Kabupaten Banyuasin yang diwakili Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik, Riduan,SKM dalam sambutannya menyampaikan keberadaan KIM ditengah eta globalisasi dan kemajuan teknologi sangat bermanfaat.

“Banyaknya informasi yang bisa mengundang gejolak dimasyarakat bisa diredam dengan penyampaian klarifikasi dari KIM,” katanya.

Ditambahkannya, pembentukan KIM Kecamatan akan dilakukan diseluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Banyuasin secara bertahap. “Menyusul setelah ini akan kita bentuk di Kecamatan Air Salek dan Talang Kelapa, jika tidak ada halangan,” tutupnya.

 

Comments

By admin

Leave a Reply