KECAMATAN

Tabloid-DESA.com SEKAYU – Pada tanggal 28 Desember 2017 mendatang Kecamatan Jirak Jaya pemekaran dari kecamatan induk Sungai Keruh diresmikan.

Hal tersebut terungkap dalam rapat yang dipimpin Asisten I Setda Muba H Rusli SP MM bersama beberapa Perangkat Daerah terkait dan Camat Sungai Keruh Yus Farizal SSTP., M.Si dalam rangka persiapan peresmian Kecamatan Jirak Jaya dan pembentukan tiga desa di tiga kecamatan yakni Desa Epil Barat Kecamatan Lais, Desa Toman Baru Kecamatan Babat Toman, dan Desa Tebing Bulang Timur Kecamatan Sungai Keruh.

“Kepada Camat Sungai Keruh kami himbau untuk koordinasikan dengan perangkat daerah terkait, agar acara terlaksana dengan baik” ujarnya di Ruang Randik Pemkab Muba, Senin (18/12/2017).

Asisten I juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga aspirasi rakyat yang menginginkan pemekaran kecamatan bisa direalisasikan dan akan segara diresmikan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Muba Hendra Tris Tomy mengatakan untuk pembentukan kecamatan dan tiga desa tersebut sudah diperdakan dan saat ini sudah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri RI.

“Sudah tidak ada masalah lagi, tinggal kami minta kepada camat sungai keruh melampirkan surat tanah hibah untuk kantor Camat Jirak Jaya,” ungkapnya.

Dari Dinas Pemerintah Desa Muba Ali Bana menuturkan untuk pemekaran tiga desa sesuai surat Kemendagri sudah kami sampaikan ke Kecamatan agar menunjuk Penjabat Sementara Kepala Desa.

Kemudian dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manuasian Muba Musa Firdaus mengugkapkan, pada saat peresmian kecamatan baru kelak dilaksanakan juga pelantikan camat dan sekcam.

“Untuk pengisian jebatan di Kecamatan Jirak Jaya sudah ada persetujuan dari kemendagri, yang kami ajukan hanya Camat dan Sekcam,” tutur Musa.

Sementara itu Camat Sungai Keruh Yus Farizal sebagai kecamatan induk mengucapkan terima kasih atas terbentuknya Kecamatan Jirak Jaya, dan meminta bantuan kepada perangkat daerah terkait guna melaksanakan pelantikan serta persemian kecamatan baru tersebut.

“Intinya kami siap melaksanakan kegiatan ini (peresmian Kecamatan Jirak Jaya) yang akan dilaksanakan di Lapangan Bola Jirak. Untuk surat tanah hibah kantor camatnya, akan segera kami sampaikan,” tandasnya.

Comments

By admin

Leave a Reply