Sumsel Terapkan Health Tourism Perdana di RSUP Mohammad Hoesin

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya mengapresiasi RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang yang terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Hal itu  dibuktikan dengan telah  dibukanya Festival Layanan Medis dan Kesehatan Tradisional Nusantara Terstandar, sebagai langakah awal  penerapan Health Tourism  yang dilaksanakan di  Lantai 1 Gedung Graha Eksekutif RSMH Sumsel, Senin (8/11). 

“Kita apresiasi RSUP MH Palembang, karena telah menerapakan pengobatan  bukan saja dilakukan  secara medis tapi juga melakukan upaya pengobatan pasien secara tradisional yang mengarah ke Health Tourism. Artinya yang datang berobat ke sini  diajak  wisata, bersantai dan tenang. Dengan  begitu penyakit yang diderita pasien akan   lebih cepat disembuhkan,” ucap Mawardi Yahya. 

Menurutnya inovasi  penerapan  layanan medis  yang dipadukan dengan pengobatan   tradisional merupakan ide yang   luar biasa. Masyarakat  akan mendapatkan pilihan    pengobatan mana yang akan  dilakukan.  Karena itu dia berharap dengan ditambahnya  layanan medis dan kesehatan tradisional   RSMH, warga Sumsel   tidak perlu  harus pergi ke luar negeri. 

“RSMH Palembang seluruh peralatannya sudah modern  dengan berstandar nasional, kita harapkan kepada masyarakat di Sumsel untuk dapat berobat di rumah sakit ini saja. Jadi tidak perlu lagi ke negara lain seperti Malaysia atau kemana, bahwa rumah sakit ini sudah lengkap termasuk dokter dan nakesnya,” tambah Mawardi. 

Mengakhiri arahannya  Wagub mengucapkan terima kasih kepada seluruh dokter dan para nakes yang telah bekerja luar biasa didalam memberikan pelayanan pada masyarakat  utamanya masa Pandemi Covid-19 saat  ini. 

“Dampak covid ini  luar biasa bukan hanya urusan kesehatan  saja tetapi juga berimbas pada  sendi kehidupan  sosial dan ekonomi. Kami ucapkan terima kasih kepada nakes yang telah sekuat tenaga melayani masyarakat,” tutupnya. 

Hal senada  juga diungkapkan  Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj. RA. Anita Noeringhati  yang menilai  festival layanan medis dan kesehatan tradisional RSMH   ini  merupakan  terobosan yang luar biasa. 

“Langkah awal yang bagus, semoga ini juga   diikuti oleh rumah sakit lainnya  di Sumsel,” harapnya. 

Direktur Utama RSUP Dr. Mohammad Hoesin, Bambang, dr. Bambang Eko Sunaryanto mengatakan dibukanya festival layanan medis dan kesehatan tradisional nusantara terstandar tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November  2021. 

“Dengan dibukanya festival layanan medis dan tradisonal masyarakat bisa tau bagaimana pelayanan yang ada di RSMH Palembang. Apalagi layanan tradisonal ini juga sudah bersertifikat yang diakui oleh Kementerian Kesehatan RI,” jelasnya 

Dia menyebut pada  festival layanan medis dan tradisonal ini sudah di siapkan 20 stand dari berbagai macam KSM (Kelompok Staf Medis). Stand tersebut diantaranya ada Dokter spesialis gigi dan mulut, mata, dermatologi, anak, penyakit dalam, kardiologi, THT, KSM orthopedi dan traumatologi serta radiologi.  Kemudian Dokter spesialis bedah, saraf, anestesiologi dan terapi intensif, rehab medik, donor darah, healing therapy, gizi klinis, kebidanan serta pelayanan kesehatan lainnya. 

“Kita juga   tersedia pusat informasi pelayanan  konsultasi,” tandasnya. 

Turut hadir pada kesempatan ini Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj. RA. Anita Noeringhati, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nurainy, Direktur Utama RSUP Dr. Mohammad Hoesin, Bambang, dr. Bambang Eko Sunaryanto dan para Direksi dan Dokter RSUP Dr. Mohammad Hoesin.*

Comments