YUSNIN

Tabloid-DESA – Sejak bulan November 2016 dana desa tahap kedua telah didistribusikan dan masuk ke rekening dana desa. Ada 2000 desa di Sumatera Selatan (Sumsel) yang menerima 40 persen sisa dana alokasi desa pada 2016 dengan nominal Rp712 miliar, setelah rampung nya laporan penggunaan dana desa tahap I.

Dengan telah diterimanya dana desa tahap II maka pelaksanaan kegiatan yang telah sebagian dilakukan dapat segera dirampungkan, demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan dan Pedesaan Sumatera Selatan Yusnin, di kantornya, Selasa (06/12).

Seluruh kegiatan fisik sudah hampir selesai. Diharapkan Yusnin pada pekan kedua bulan Desember seluruh kegiatan serta laporan keuangan sudah selesai.

“Ini kan sudah tahap II, artinya pembangunan paling tidak sudah 60 persen berjalan atau bahkan mungkin lebih. Kita berharap semuanya selesai pertengahan Desember.” ujarnya.

Lanjutnya, sebagian besar dana desa dialokasikan pada pembangunan fisik dan infrastruktur. Selain itu juga untuk pemberdayaan masyarakat desa, hasilnya akan diketahui setelah seluruh kegiatan selesai dilaksanakan.

“Kita belum dapat laporan hasil pembangunan fisik. Untuk data lebih rinci itu dimiliki oleh Pemerintah Kabupate/Kota,” jelasnya.

Dijelaskannya, alokasi dana desa dari Pemerintah Pusat untuk Sumatera Selatan tahun 2016 mencapai Rp1,7 trilyun dan naik sekitar 50 persen pada tahun 2018 dengan total anggaran mencapai labih dari Rp2,2 trilyun.

Comments

By admin

Leave a Reply