BIOS TAMBAK (1)Tabloid-DESA.com AMBON  – Sebagai bagian dari rangkaian sosialisasi program Bios 44 di wilayah Kodam XVI/ Pattimura, rombongan Kodam XVI/Pattimura pimpinan Aster Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Ali Alimudin, S.E. mengajak Tim Program Bios 44 yang dipimpin oleh Danrem 044/Gapo Kodam II/Sriwijaya Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. melakukan peninjauan ke lokasi pembudidayaan keramba ikan milik Kodam XVI/Pattimura yang terletak di belakang SUPM Waiheru Ambon Maluku.

Begitu tiba di lokasi, rombongan langsung meninjau sejumlah kolam keramba sambil berdiskusi dengan petugas penjaga keramba, usai melakukan peninjauan rombongan langsung menggelar evaluasi yang dilakukan disalah satu ruangan terapung yang berada di keramba tersebut.

BIOS TAMBAK (4)

Aster Kasdam XVI/Pattimura, Kolonel Inf Ali Alimudin S.E. menyatakan, kunjungan Tim Bios 44 dari Korem 044/Gapo Kodam II/Sriwijaya adalah dalam rangka memberikan solusi dalam peningkatan produktivitas hasil pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan agar cepat berkembang dalam pertumbuhannya. “Diharapkan kualitas dari pertumbuhan ikan ini akan lebih cepat, pasalnya setelah di beri Bios 44, nafsu makan ikan- ikan itu akan meningkat secara drastis, sehingga akan mempercepat pertumbuhan dan berimbas pada masa panen yang akan lebih cepat, kalau semula enam bulan, setelah diberi pakan yang ditambahkan Bios 44, maka dalam rentang waktu tiga hingga empat bulan, ikan sudah bisa dipanen “ rinci Alimudin.

Lebih lanjut Aster mengungkapkan, Bios 44 adalah teknologi baru dari hasil riset yang dikembangkan oleh ilmuan dari Korem 044/Gapo Kodam II/Sriwijaya, yang dapat meningkatkan produktivitas hasil disektor pertanian, perkebunan, peternakan dan budidaya perikanan.

Sebelumnya rombongan telah mendatangi balai benih dan telah menyerahkan Bios 44 kepada sejumlah karyawan di Balai tersebut untuk di terapkan pada tanaman maupun ternak di sana. Sementara untuk di lokasi pembudidayaan keramba ikan SUPM Waiheru, akan dilakuan uji coba selama satu bulan, dimana dari dua kolam ikan satu kolam akan diberikan pakan yang telah dicampur dengan Bios 44, sementara satunya tidak, sehingga dapat di lihat perbedaan nantinya.

BIOS TAMBAK (3)

Ketua Tim Bios 44 Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. mengungkapkan, Bios 44 merupakan mikroorganisme dalam bentuk cairan yang bermanfaat multifungsi yakni selain merangsang ikan maupun ternak untuk menambah nafsu makan, juga merangsang tumbuhan untuk bertumbuh dengan cepat. ”Yang semula memperkenalkannya (Bios 44) adalah dari Kodam II/Sriwijaya, yakni Korem 044/Garuda Dempo itulah yang punya inisiasi, jadi penemunya adalah kita sendiri atau sebagai hasil teknologi anak bangsa,“ ungkapnya.

Untuk Bios 44 yang akan diterapkan ke tanaman hasil pertanian, terutama di lingkungan Yonif 731/Kabaressi, maka Aster Kasdam XVI/Pattimura ini menandaskan, akan juga mengunjungi Kabupaten Maluku Tengah untuk menerapkan Bios 44 pada tiga jenis tanaman yakni, tanaman buah-buahan, tanaman rempah dan tanaman keras yang saat ini telah berjumlah 250 ribu bibit tanaman.

BIOS TAMBAK (5)

Disingung mengenai harapannya, pria yang mulai bertugas di Kodam XVI/Pattimura sejak 27 April lalu ini mengungkapkan, karena tujuan dari program ini adalah membantu Pemerintah Daerah dalam mensejahterahkan masyarakat maka ia berharap agar program Bios 44 bisa menyebar ke seluruh instansi di Maluku.

Comments

By admin

Leave a Reply