Sukseskan GSMP, Kreatifitas Gunawan Langsung Diapresiasi  Gubernur

Bagikan:

Tabloid-DESA.com, MUSI RAWAS – Disela-sela kunjungan kerja (Kunker)-nya di Kabupaten Musi Rawas, Rabu (26/10). Gubernur Sumsel H Herman Deru menyempatkan diri meninjau lebih dekat kreatifitas  Gunawan salah satu warga Desa Sukowono Kecamatan Jayaloka yang kreatif  memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya dengan ditanami berbagai kebutuhan sehari-hari.

Dalam tinjauannya itu Herman Deru dengan jeli memperhatikan satu-persatu tumbuhan  cabai, terong, sawi, bawang  yang tumbuh dengan subur. Bahkan  Herman Deru juga senpat  memberi makan  ternak lele milik Gunawan.

“Saya sengaja datang langsung kerumah Pak Gunawan, sebagai salah satu warga  yang turut andil mensukseskan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan. Kalau banyak Gunawan-Gunawan yang lain maka inflasi kSumsel) tetap terjaga. Dan Kabupaten Musi Rawas sudah mengawalinya,” kata Herman Deru disela-sela tinjauannya.

Menurut Herman Deru,  kepekaan masyarakat terhadap lingkungan sekitar akan banyak memberikan manfaat karena memberi nilai tambah terhadap perekonomian.

“Dengan begitu masyarakat tidak selalu harus membeli dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Karena sebagian diantaranya dapat dipenuhi secara mandiri. ,” tambahnya.

Bapak Pembangunan Provinsi Sumsel ini juga mengungkapkan gagasan  GSMP tujuannya  mengubah maindset masyarakat yang tadinya pembeli menjadi penghasil. Oleh karena  itu dia meminta para Camat dan Kades untuk dapat mensukseskan program ini melalui sosialisasi ke warganya masing-masing.

“Saya minta Camat dan Kades untuk mensukseskan program ini, karena GSMP ini tujuannya merubah maindset dari pembeli menjadi penghasil,” pungkasnya.

Sementara Gunawan yang juga ditemani sang istri Khoirula menuturkan, kebiasaannya menanam dan ternak lele sudah sejak lama digalakkan.

Dikatakan Gunawan, Pekarangan yang dinamakan “Warung Hidup” tersebut, selain  bertujuan membantu perekonomian keluarga, menurutnya, aktivitas penanaman  ini  menjadi bagian dari kompetisi kampung sayur di daerah setempat.

“Jadi memang ini sudah ada sejak hampir dua tahun yang lalu, kalau masyarakat mau beli mereka datang kesini  dan petik sendiri, kebetulan kemarin ikut lomba juara 1 tingkat kabupaten.   Jujur  saya merasa kaget, rumah kami di datangi oleh Bapak Gubernur,” tandasnya dengan muka senang.*

Bagikan: