Herman Deru Bangga Kopi Empat Lawang Dikenal Hingga Manca Negara

* Marsum Sarasehan HUT ke-15 Kabupaten Empat Lawang Bertema “Empat Lawang Menuju Kancah Nasional”

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru menjadi sebagai Narasumber pada acara Sarasehan HUT ke-15 Kabupaten Empat Lawang dengan tema “Empat Lawang Menuju Kancah Nasional” yang digelar secara virtual di Command Center Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (11/5).

Herman Deru menilai tema “Empat Lawang Menuju Kancah Nasional” yang diselenggarakan oleh Harian Umum Sriwijaya Post itu sangatlah menarik. 

Bahkan Bapak Pembangunan Sumsel itu sangat meyakini Kabupaten Empat Lawang dapat dikenal di kancah nasional bahkan internasional,  dengan potensi yang dimiliki seperti sektor pertanian dan perkebunan. 

“Pertama yang perlu kita ingat adalah potensi. Artinya kelebihan kita dalam Sumber Daya Alam (SDA) itu apa. Tapi kita juga harus tau kekurangan kita apa,” tuturnya.

Namun ketika melihat potensi yang bisa dikembangkan di Empat Lawang sangatla cocok yakni sektor pertanian dan perkebunan ini. 

“Saya yakin nantinya Empat Lawang bisa manjadi lumbung pangan dengan meningkatkan pendukung infrastrukturnya” katanya.

Bicara potensi pangan kenapa Sumsel sangat mengandalkan persawahan karena kata Herman Deru saat ini minat masyarakat becocok tanam padi sawah  sudah semakin baik pasca diberikannya bantuan  alsintan ditambah lagi distribusi pupuk yang sudah semakin baik.

Apalagi Kabupaten Empat Lawang juga memiliki kopi yang tidak hanya dikenal di Sumsel tapi juga dikenal di penjuru manca negara.

“Potensi kopi Empat Lawang luar biasa tinggal saja kita tingkatkan jaringan pemasaran dan kemasanannya. Apalagi banyak inovasi dengan membuat grai-grai kopi sehingga tanpa disadari kopi ini semakin mendunia,” ujarnya.

Untuk menuju Kabupaten Empat Lawang yang lebih maju dan menuju kancah nasional bahkan internasional, Herman Deru mengajak semua jajaran di Kabupaten Empat Lawang untuk menyamakan persepsi dengan tidak  meninggalkan budaya lokal, hal ini yang harus dipertahankan.

“Pemprov Sumsel akan selalu backup Kabupaten Empat Lawang secara proporsional apa yang dibutuhkan,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Empat Lawang, H Joncik Muhammad, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru, Empat Lawang kanjut dia saat ini semakin maju tidak lepas dari dukungan dan suport dari Gubernur.

“Pak gubernur itu luar biasa mendukung Kabupaten Empat Lawang, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga mendotong sektor pertanian dan perkebunan,” katanya..

Dia mengatakan Empa Lawang ini memang dikenal dari pertanannya sebagi produk unggulan yaitu padi, kopi dan durian. 

“Lempok durian Empat Lawang juga sangat dikenal dan ini akan kami angkat. Kami bersyukur durian panen setahun dua kali. Untuk itu kami minta dukungan dari Pak Gubernur dan semua pihak dalam mendorong sektor pertanian,” ucapnya.

Sesuai dengan tema Empat Lawang Menuju Kancah Nasional, dengan potensi yang ada kam bisa apalagi kita ada kopi. 

Turut hadir, Direktur Pengelolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Dedi Junaedi, Moderator Wenny, para Kepala OPD Sumsel dan Kabupaten Empat Lawang.*

Comments