Wisata Naik ke Puncak Jembatan Ampera Kota Palembang, Kenapa Tidak ?

Bagikan:
ikon wisata kota palembang Jembatan_Ampera_Foto_By_Dispar_Plg_

Siapa yang tidak tahu dengan jembatan Ampera yang telah menjadi ikon Kota Palembang, layaknya Monumen Nasional (Monas) ikonnya Jakarta. Wisatawan yang berwisata ke Kota Palembang sepertinya tidak lengkap tanpa berkunjung ke Jembatan Ampera dan berfoto ria.

Lain kali, jangan hanya berfoto dengan latar belakang Jembatan Ampera, tapi sekalian naik ke puncak Jembatan Ampera dan mellihat Kota Palembang dan sungai Musi dari ketinggian. Karena Jembatan Ampera akan dilengkapi dengan lift yang bisa membawa wisatawan naik ke puncak Jembatan Ampera.

Hal tersebut disampaikan oleh Satker PJN 3 PPK 3.6 BBPJN Jembatan Khusus Sumsel, Dicky Romansyah. Dia menjelaskan, Jembatan ampera direncanakan akan memiliki dua unit lift yang dapat membawa wisatawan ke puncak Jembatan Ampera.

Namun untuk tahun Ini pemasangan lift hanya satu unit, dnegan kapasitas 6 orang. Sementara itu, pasangan lain akan dilakukan tahun depan. Anggaran untuk memasang lift ini mencapai Rp 3 miliar. “Termasuk perkuatan struktur penyangga lift dan biaya evaluasi konsultan,” jelasnya.

Dicky Romansyah_ KUNJUNGAN-DIRJEN-BINAMARGA-KE-JEMBATAN-AMPERA

Selain pemasangan lift, bagian dalam Jembatan Ampera juga direnovasi. Menurut Dicky, proses perbaikannya sendiri memakan waktu 1,5 bulan, di antaranya penguatan substruktur, perbaikan beton dan pilar, penggantian struktur baja dan penggantian berbagai detail lainnya.

“Untuk bagian baja diganti dengan struktur 345. Volumenya sekitar 4,5 ton dan sekarang sudah hampir selesai. Target keseluruhan selesai minggu pertama Desember mendatang. Anggaran yang dibutuhkan untuk revitalisasi jembatan Ampera Rp 26 miliar,” jelasnya.

Menurutnya, proses perbaikan jembatan tersebut merupakan bagian dari hasil uji struktur yang dilakukan beberapa waktu lalu. Kemudian, pekerjaan perbaikan Jembatan Ampera akan dilanjutkan pada tahun anggaran berikutnya 2023.

“Yang belum selesai akan dilanjutkan tahun depan,” katanya.

Menurut Diky, selain untuk menarik wisatawan baik nasional dan internasional, pembangunan lift Jembatan Ampera juga menambah ikon kebangaan Palembang dan Sumatera Selatan.

Karena Jembatan Ampera yang telah menjadi ikon Kota Palembang sudah banyak direnovasi, dari struktur bangunan maupaun keindahannya, seperti pemasangan lampu hias yang menjadi daya tarik wisatawan di waktu malam.

Untuk diketahui, Jembatan Ampera yang dibangun pada tahun 1962 ini bahkan pernah menjadi kebanggaan Indonesia. Karena jembatan Ampera yang memiliki panjang 1.117 meter dan lebar 22 meter ini pernah menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan ini juga cukup istimewa pada masanya, karena bagian tengah jembatan dapat dinaikkan sehingga kapal-kapal besar dapat melintas Sungai dibawahnya.

Dari atas Jembatan Ampere, wisatawan bisa melihat Benteng Kuto Besak yang masih berdiri kokoh. Apalagi dari puncak jembatan Ampera yang dahulunya merupakan ruang operator menaikkan Jembatan Ampera, wisatawan dapat melihat Kota Palembang dan Sungai Musi dari ketinggian. (*)

Bagikan: