FOKAL_IMM

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (FOKAL IMM) Pusat Armyn Gultom menyatakan, agar koordinator wilayah (Korwil) Sumsel segera membentuk infrastruktur organisasi hingga tingkat ranting, agar lebih solid dan kuat.

“Karena begitu banyak alumni Muhammadiyah yang ada di daerah, jadi kita minta setiap alumni membentuk ranting ditempat tinggalnya,” ujar Armyn Gultom, pada acara dekarasi pelantikan pengurus FOKAL IMM Sumsel Periode 2015-2010, di Hotel Swarna Dwipa, Rabu (25/01).

Armyn mengungkapkan,  alumni Muhammadiyah banyak tersebar di penjuru daerah maupun profesi. Dengan adanya forum ini, maka dapat menjadi ajang silaturhami dan tukar pikiran antar alumni. Inilah pentingnya forum yang telah terbentuk sejak tahunn 1990 ini. Tidak hanya memperkuat infrastruktur, Amin juga berharap forum ini mendorong para alumni untuk memperkuat basis ekonomi. Agar kesenjangan sosial yang begitu tinggi akan mengalami penurunan, berkat adanya kontribusi alumni Muhammadiyah untuk bangsa dan masyarakat.

“Jika banyak alumni kita berwira usaha, maka akan membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Tidak hanya itu saja, jika alumni kita terjun ke politik harus memperkuat perekonomiannya secara mandiri. Dengan begitu, maka dalam dunia politik dia akan semakin kuat,” ungkapnya.

Armyn tidak menyangkal, bahwa alumni Muhammadiyah banyak bergabung dengan partai politik. Tidak hanya ada dalam Partai PAN, namun partai lainnya juga ada. Artinya, alumni Muhammadiyah semakin diminati oleh parpol yang ada. Ini menunjukan alumni Muhammadiyah sangat potensial.

Armyn juga memandang, bahwa pemilukada identik dengan permainan cukong besar, hingga ketika kepada daerah terpilih yang menjadi pemimpin bukan kepala daerah namun cukong. Artinya, ekonomi kita semakin dikuasai kelompok-kelompok tertentu. “Kepala daerah bukan menjadi dalang, tapi menjadi dayang. Oleh karena itu, kedepan kita harus memperkuat itu, sehingga yang berkuasa bukan cukong, tapi kepala daerahnya,” jelasnya.

Sementara, Ketua Korwil FOKAL IMM Sumsel Rudi Apriadi menuturkan, berbagai program telah dicanangkan FOKAL IMM Sumsel, diantaranya pendidikan agama dan sosial. Karena dua program tersebut dapat menyentuh langsung ke tengah masyarakat. “Pada intinya, dengan adanya organisasi ini dapat menghimpun seluruh alumni Muhammadiyah. Apalagi, ada ribuan alumni Muhammadiyah yang ada di Sumsel. Jadi, nanti tiap daerah akan kita bentuk pengurusnya,” tutur Rudi, yang juga angggota DPRD Sumsel ini.

Rudi melanjutkan, ditengah pesatnya kemajuan karakter dan sebagainya, tentu mereka harus membina, mengayomi dan mengantarkan kader-kader IMM yang masih aktif, agar lebih berkualitas dari segi SDM. “Ya untuk menjadi umat yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Era sekarangkan jauh lebih menguasai kemajuan teknologi, jadi perlu di antisipasi agar tidak disalah gunakan, melainkan untuk kemajuan  umat,” sambungnya.

Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan, Ruspanda Karibullah menambahkan, bahwa organisasi ini sebagai wadah untuk melakukan pembinaan kepada alumni yang begitu banyak di Sumsel. Dengan kaderisasi ini, alumni dapat bersaing di berbagai bidang sesuai dengan profesi yang ditekuninya selama ini.

“Perhimpunan ini merupakan jawaban atas pentingnya keberlangsungan membangun visi gerakan, dan spirit pengabdian dalam mengimplementasikan komitmen sebagai kader Muhammadiyah, umat dan bangsa,” pungkasnya.

Comments

By admin

Leave a Reply