Tarik Minat Wisatawan Kunjungi Anjungan Sumsel di TMII

# Feby Deru Perbanyak Koleksi Bernuansa Kearifan Lokal

Tabloid-DESA.com JAKARTA – Usai bersilaturahmi ke Perpusnas, Ketua Dekrnasda Sumsel Hj Febrita Lusti Herman Deru melanjutkan agenda kerjanya dengan meninjau anjungan Sumsel di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis (10/2).

Kesempatan ini dimanfaatkan istri Gubernur Herman Deru itu untuk melihat dan mengecek kembali koleksi yang ada di anjungan Sumsel. Sebelumnya lebih kurang 2 tahun yang lalu, ia berkeinginan dan berupaya untuk memperbaiki dan menambah koleksi pakaian adat, kerajinan, dan peralatan rumah tangga khas Sumsel di anjungan itu.

Saat meninjau anjungan Sumsel kali ini, Feby mengatakan ia berusaha untuk terus memperbaiki dan mempercantik anjungan Sumsel, agar benar-benar merepresentasikan kekayaan dan kearifan lokal Sumsel.

“Alhamdulillah perlahan namun pasti sudah baik. Ini sudah kita perbaiki dan percantik anjungan Sumsel di TMII. Untuk rumah limas, koleksi yang ada di dalamnya sudah kita tambah lagi. Semula kan hanya ada pakaian atau kerajinan dari 11 kabupaten saja. Nah ini sudah kita tambah lagi, sesuai 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel,” jelasnya.

Aneka perabotan rumah tangga yang bercirikan budaya daerah di Sumsel, juga koleksi pada kamar pengantin, dan ruangan-ruangan yang ada pada rumah limas pun lanjut Feby ikut ditambah.

“Tata letak dan interior dalam ruangan kita tata ulang. Ini supaya pada saat tamu yang berkunjung ke anjungan Sumsel bisa menikmati suasana seperti di tempat aselinya,” katanya.

Tak hanya rumah limas, koleksi yang terdapat di rumah rakit, dan rumah ulu pun akan ditambah, dan diperbaiki.

“Paling tidak anjungan Sumsel ini bisa seperti Kriya Sriwijaya. Rencana ke depan kita akan libatkan UMKM untuk menampilkan produk unggulan Sumsel, baik kerajinan maupun kuliner khas Sumsel, semua bisa didapatkan di sini,” ucapnya.

Selama lebih kurang 2 jam, Feby menghabiskan waktu untuk melihat dan memperhatikan dengan seksama berbagai koleksi yang ada di anjungan Sumsel. 

Turut mendampingi dalam kunjungan itu, Wakil Ketua Dekranasda Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya. Tampak pula hadir Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal, Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Ernila Rizar, Wakil  Ketua Dekranasda Ogan Ilir Faizah Ardani, Ketua Dekranasda OKU Desy Kasnayati Edward, dan Ketua Dekranasda OKU Timur Shella Noberta Lanosin.*

Comments