SINERGI1

Tabloid-DESA – Mengusung tema ‘Mewujudkan Ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana untuk penguatan kapasitas melalui program pemberdayaan di desa secara mandiri’, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar seminar Desa Tangguh Bencana (Destana) di ruang rapat serasan sekate, Jumat (9/12). 

Asisten bidang perekonomian (Asisten II) Ir H Sulaiman Zakaria MT selaku pemimpin rapat menegaskan pentingnya program Destana ini. Selain itu, beliau juga menghimbau untuk terus meningkatkan koordinasi antar dinas yang terkait.

“Mudah-mudahan dengan semua usaha yang telah kita lakukan, target zero asap bisa tercapai,” ujarnya.

Seperti di ketahui, Destana merupakan program Pemerintah Pusat yang dilaksanakan di daerah. Tujuannya untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

Dikesempatan yang sama, Haryadi SE MSi selaku Kepala BPBD Kabupaten Muba menjelaskan bahwa ada 3(tiga) desa di Kabupaten Muba yang mendapat program Destana, yakni Desa Mangsang, Muara Medak dan Desa Mendis.

“Ketiga desa tersebut selama rentang waktu 4(empat) bulan ini telah melakukan berbagai kegiatan, termasuk simulasi apabila terjadi kebakaran,” ujarnya.

Haryadi juga berharap untuk tahun mendatang program Destana bisa dikembangkan di seluruh kecamatan di Kabupaten Muba.

Comments

By admin

Leave a Reply