Sukses, UMP Yudisium 58 Mahasiswa PPG Prajab Gelombang 2 Tahun 2022, Mukhtarudin: Alumni Harus Antisipatif Hadapi Perkembangan Zaman, Rusdy: Guru Tak Boleh Berhenti Belajar

UCAPAN SELAMAT DAN MOTIVASI: Dekan FKIP UMP Dr. Rusdy A Siroj, MPd usai mengalungkan gordon kepada salah seorang wisudawan juga memberikan ucapan selamat dan motivasi agar wisudawan menjadi pendidik terbaik dan menjaga nama baik almamater dan selalu berakhlakul karimah.  

 

TABLOID-DESA.COM, PALEMBANG—Universitas Muhammmadiyah Palembang (UMP) terus membuktikan komitmennya yang kuat dalam menyelenggarakan pendidikan bagi para guru yang akan mengabdi sebagai tenaga pendidik sesuai dengan program studi (prodi) masing-masing. Untuk itu  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP kembali meluluskan 58 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru( PPG) Prajab Gelombang 2 Tahun 2022 di Hotel Beston Palembang, Rabu  (27/12/2023). Mereka terdiri atas para mahasiswa dari Prodi Pendidikan Biologi 23 mahasiswa, Bahasa Indonesia 13 mahasiswa, dan Bahasa Inggris 22 mahasiswa.

SERAHKAN SERTIFIKAT: Wakil Rektor III UMP, Dr.Ir Mukhtarudin, MP saat menyerahkan sertifikat kelulusan PPG kepada salah seorang wisudawan. Beliau juga memberikan wejanngan penting kepada para wisudawan.

Hadir pada kesempatan tersebut Rektor UMP diwakili oleh Wakil Rektor III  Dr.Ir. Mukhtaruddin, MP, Dekan FKIP UMP,  Dr.Rusdy A Siroj, MPd, Koordinator PPG Dr. Saleh Hidayat, MSi yang juga Wakil Dekan I, Dr. Yetty Hasdiana, Wakil Dekan II dan wakil dekan lainnya serta para Ketua Prodi Biologi, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC Hendra SPd, MSi, dengan melafalkan basmalah yang diikuti oleh seluruh hadirin. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci alquran oleh Abdul Kadir, S.Kom, lalu menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Lagu Sang Surya. Usai itu dilanjutkan sambutan oleh  Dekan Dr. Rusdy A Siroj, MPd. Usai itu sebagai otoritas universitas Wakil Rektor III Dr. Ir. Mukhtarudin MP.  Lalu sampai pada momen yang ditunggu-tunggu berupa pembacaan SK Dekan FKIP UM Palembang nomor 1199/C-3/KPTS/FKIP UMP/XII/2023. Lalu dilakukan seremoni yang ditunggu-tunggu pengalungan Gordon dan penyerahan sertifikat pendidik kepada alumni prajabatan gelombang 2 tahun 2022, sambutan mewakili alumni oleh Burhan Shidqi SPd, Gr, MPd  lalu dilanjutkan dengan testimony dari para alumni dan penutup.

 

SINERGI DENGAN BERBAGAI STAKEHOLDER : Para pimpinan UMP dan FKIP UMP serta undangan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dan kota Palembang tampak foto bersama. Mereka selalu melakukan sinergi dalam menyukseskan program PPG.

Dekan FKIP Dr.H Rusdy A Siroj MPd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Eka Diana Kartini, S.Kom dari Dinas Dikbud Provinsi Sumsel, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palembang diwakili oleh Kabid SMP  Zuhdy Bay, para wakil dekan yang hadir, bapak ibu dosen, guru pamong, para pengelola media massa yang turut serta memberitakan semua kegiatan UMP serta para hadirin semua.

“Dengan mengucapkan alhamdulillahi rabil alamin sebagai bentuk rasa syukur kita. Karena kalau kita ingin menghitung nikmat Allah kita tak dapat menghitungnya,” ujarnya sebagai pengantar sambutan.

Kita juga sangat mengapresiasi semua pihak tersebut, sebab hanya dengan kerjasama yang solid tersebut maka program mempersiapkan guru guru profesional dapat diwujudkan dengan baik. Keberhasilan adik-adik mahasiswa kurang lebih setahun belajar di FKIP UMP dibantu oleh mereka semua. Tetapi intinya keberhasilan itu diraih oleh para mahasiswa karena keberhasilan  pendidikan sejatinya 60 persen ditentukan oleh peserta didik sendiri. Baru selesai komponen lain seperti dosen, guru pamong, kepala sekolah dan berbagai  komponen lainnya.

“Kami ucapkan selamat  menjalani yudisium bagi adik-adik yang telah berhasil menempuh PPG,” tambahnya lagi.

Bukan hanya itu bagi kami rasakan kurang lengkap atau kurang jika yudisium ini tidak dilakukan acara seremonial. Untuk itu kami mengundang semua komponen yang terlibat mulai dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumsel, Kota Palembang, para kepala sekolah dan berbagai undangan lainnya. Dia juga menyatakan bersyukur sebab sebelum ini pada PPG Gelombang 1 juga lulus 100 persen sebanyak 50 mahasiswa. Gelombang kedua sebanyak 58 peserta alhamdulillah 100 persen lulus, tambahnya.

Rusdy juga berpesan agar sebagai alumni dari PPG UMP jagalah citra almamater Anda.  Tunjukkan akhlakul karimah di manapun Anda berada.

 

 

APRESIASI BAGI WISUDAWAN: Sebagai bentuk apresiasi dan rasa syukur UMP menggelar acara yudisium di Hotel Beston Palembang. Tampak pimpinan universitas dan fakultas foto bersama Pemimpin Redaksi Tabloid Desa Sarono P Sasmito yang juga hadir saat itu.

Sementara itu mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumsel Eka Diani mengemukakan, peserta yang diyudisium ini layak bersyukur sebagai dari ratusan peserta yang diseleksi oleh dinas mereka sebanyak 58 yang terseleksi. Setelah menjalani pendidikan semuanya lulus.  Sebagai Kepala Bidang  Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)  dirinya juga  banyak bertemu dengan orang-orang kementerian yang membicarakan tentang formasi untuk lulusan PPG ini.

Menambahkan apa yang diutarakan Eka, Kadisdik Kota Palembang diwakili  Zuhdy Bay mengemukakan, mohon maaf pada kesempatan itu Kadisdik  H Ansori berhalangan hadir. Untuk itu dia memperoleh amanah untuk hadir.

Zuhdi Bay berpesan agar para lulusan nanti jangan manja dan selalu pilih-pilih lokasi tugas. “Terimalah lokasi di manapun dengan semangat  berjuang mendidik anak-anak bangsa.” harapnya.

Hal juga yang sangat penting disampaikan oleh Wakil Rektor III  Dr. Ir.Mukhtarudin Muchsiri,  MP. Dia mengemukakan,  Ittiba dengan kadisdik Provinsi Sumsel dan Kota Palembang yang telah memberikan sambutan terlebih dahulu. Hal yang sangat penting disadari oleh para alumni yang diyudisium hari ini adalah, kita harus menjadi contoh dalam membangun akal sehat. Hal itu diwujudkan dengan terus melakukan berbagai kebaikan di hadapan peserta didik nanti. Meski bagaimanapun guru  sebagai pendidik mampunyai kapasitas luar biasa dalam membangun akal sehat bagi para muridnya.  Seorang guru punya kesempatan mengatur siswa dengan sebaik baiknya, memberikan keteladanan dan lainnya.

Usai sambutan Wakil Rektor III, kemudian dilanjutkan pembacaan SK Yudisium oleh Dr. Saleh Hidayat, MSi sekaligus penyerahan sertifikat pendidik. Sebanyak 58 mahasiswa yang lulus Uji Kompetensi Pendidikan Profesi Guru (UK PPG) memperoleh sertifikat dan pengalungan Gordon yang dilakukan oleh Dekan FKIP Rusdy A Siroj dan Wakil Rektor III UMP Mukhtarudin.

 

 

SEMANGAT PARA WISUDAWAN: Burhan Shidqi SSi gr saat memberikan kata sambutan sebagai alumni (foto atas), Indah Permata Sari, SPd gr dan Anisah Dzati Rizqi, SPd gr alumni yang siap untuk mengabdikan diri di bidang pendidikan (foto bawah)

 

Usai itu kemudian sambutan alumni oleh Burhan Shidqi SSi gr. Burhan menyatakan terimakasih atas dukungan dan bimbingan para dosen, guru pamong, kepala sekolah dan keluarga maka mereka bisa berhasil menamatkan PPG ini dengan baik. Burhan juga bertekad saat bertugas nanti akan mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang telah mereka peroleh dari PPG ini.  Acara terakhir  ditayangkan video alumni PPG Gelombang 2 tahun 2022.

Media ini juga mewawancarai wisudawan diantaranya Indah Permata Sari, SPd, Gr dari MIPA dan Anisah Dzati Rizqi, SPd Gr, mengemukakan, sangat berbahagia berhasil lulus dari PPG ini. Mereka bertekad akan mengabdikan diri di bidang pendidikan dengan ilmu dan keterampilan yang mereka peroleh dari pendidikan tersebut. Usai itu dilanjutkan dengan hiburan dengan menampilkan keahlian tarik suara masing-masing wisudawan.

Foto: Dok FKIP UMP

Teks/Editor: Sarono P Sasmito