SWK06 (1)Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Sikap kepekaan sosial dan peduli sesama, diaktualisasikan secara nyata oleh puluhan anggota gerakan Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0406/Musi Rawas, terlihat mulai hari ini Senin (24/12) pagi, turun ke jalan-jalan protokol Kota Lubuklinggau guna melakukan penggalangan bantuan dana kemanusiaan untuk korban bencana Tsunami Selat Sunda yang berdampak di wilayah Banten dan Lampung Selatan.

Kegiatan penggalangan dana dilakukan dengan cara berpencar mulai dari pukul 15.00 Wib hingga pukul 17.30 Wib bertempat di ruas Jalan Protokol di wilayah Kota Lubuklinggau. Dari kegiatan pengngalangan dana yang dilakukan tersebut, anggota Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0406/Mura, berhasil mengumpulkan donasi sebesar lebih dari tiga juta rupiah. Dan usai melakukan kegiatan pengngalanan dana, anggota Pramuka Saka Wira Kartika langsung kembali ke Makodim 0406/Mura dan menyetorkan seluruh donasi bantuan yang telah dikumpulkan dari para pengguna jalan di wilayah Kota Lubuklinggau.

SWK06 (3)

Komandan Kodim 0406/Musi Rawas Letkol Letkol Kav Dodi Syamsurizal, S.H. melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Kapten Inf Muhammad Assad mengatakan, latar belakang kegiatan penggalangan dana ini sebagai bentuk keprihatinan dan simpati dari anggota gerakan Pramuka Saka Wira Kartika terhadap korban Tsunami Selat Sunda yang berdampak di wilayah Banten dan Lampung Selatan sekaligus sebagai bentuk implementasi dari Dasa Darma Pramuka.

“Penggalangan dana ini sebagai pengamalan Dasa Dharma Pramuka, sebagai anggota Pramuka Saka Wira Kartika harus bisa bermanfaat bagi orang lain apalagi bagi saudara kita yang sedang terkena bencana alam,“ ujar Pasiter.

Lebih lanjut, Pasiter meminta agar kegiatan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik guna memantapkan tekad  kaum muda sebagai generasi penerus yang nantinya akan menjadi pemimpin dalam membangun daerah.  “Selain itu, generasi muda menjadi manusia-manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa memiliki  kepribadian dan watak yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta  memiliki kesetiakawanan yang tinggi serta berjiwa Pancasila,” tandasnya.

SWK06 (2)

Kesadaran membela negara, harus dibangun, dibina dan ditumbuh kembangkan dalam diri setiap warga negara sejak usia dini. Oleh karenanya, kepada para peserta diminta untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya guna menambah bekal pengetahuan, baik untuk pribadi maupun Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0406/Musi Rawas.

Dari hasil penggalangan dana ini akan dikumpulkan ke Posko Penggalangan Dana dan Kemanusiaan Kodim 0406/Musi Rawas untuk dikirim bersama-sama dengan bantuan dari masyarakat Kota Lubuklinggau dan Kab. Musirawas yang peduli dengan korban Tsunami Selat Sunda.

Sementara itu, data korban yang berhasil dihimpun Posko BNPB hingga 24 Desember 2018 pukul 20.00 Wib, tercatat 373 orang meninggal dunia, 1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang dan 5.665 orang mengungsi.

 

Comments

By admin

Leave a Reply