Perusahaan Harus Perhatikan Masyarakat

Bagikan:

ROHMATAnggota Komisi I DPRD OKI, Rohmat Kurniawan

Persoalan konflik lahan, terjadi lantaran kurangnya perhatian perusahaan pada masyarakat sekitar lokasi. Diharapkan, perdamaian ini menjadi contoh solusi terhadap konflik lahan antara perusahaan dan masyarakat. Menurut Anggota Komisi I DPRD OKI, Rohmat Kurniawan, perusahaan harusnya memiliki kewajiban untuk mengutamakan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat yang berada diwilayah perkebunannya.

“Baik tenaga kerja bahkan ekonomi masyarakat setempat. Karena jika tidak diperhatikan, akan terjadi ketimpangan sosial,” jelas Rohmat.

Sebab, sebagian besar masyarakat desa yang berada disekitar wilayah perkebunan, banyak yang sudah tidak memiliki lahan. Seperti sengaja dijual, atau warga yang tidak memiliki pekerjaan.

“Karena ketika lahan ini sudah tidak punya, mereka harus mencari pekerjaan. Nah, seharusnya perusahaan sudah memahami hal tersebut,” tambah dia.

Konsekuensinya, ketika pemberdayaan dilakukan para warga akan memberi keamanan dan kenyamanan pada perusahaan yang berad diwilayah kerja desa tersebut.

BACA BERITA  Sumsel Penyelenggara Pertemuan Para Menteri LH Asia Fasific
Bagikan: