Peringati Hari Kesatuan Gerak Pelayanan KB,  TP PKK KB Kecamatan Tugumulyo Berikan Pelayanan KB Gratis Kepada 149 Akseptor

  • Gelar Layanan KB di Desa Q1 Tambahasri

SEMANGAT DAN SOLID: Petugas KB,  petugas Puskesmas, bidan desa dan Kepala Desa Q1 Tambahasri Subagio  saat kegiatan  Pelayanan KB di Desa Q1 Tambahasri Tugumulyo Musi Rawas Sumatera Selatan,  tampak solid dan bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada para aksesptor KB. Kondisi ini menjadikan para peserta KB memperoleh manfaat sangat positif bagi pengaturan kelahiran dan kesehatan mereka sebagai ibu dalam menghadirkan generasi penerus yang sehat dan sejahtera. 

TABLOID-DESA.COM, TUGUMULYO MUSI RAWAS–Acara Hari Kesatuan Gerak Pelayanan Keluarga Berencana (KB) yang diselenggarakan oleh TP PKK Q1 Tambahasri  Tugumulyo Musirawas Sumatera Selatan, Rabu (28/11/3023), berjalan lancar. Kegiatan tersebut terselenggara atas prakarsa Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ikatan Bidan Indonesian (IBI) Ranting Puskesmas L Sidoharjo. Sedangkan  Fasilitas Kesehatan (Faskes) Puskesmas L Sidoharjo, Desa Q1 Tambahasri dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pelayanan yang kondusif dan optimal. Momen itu dihadiri langsung Ketua TPPKK Kecamatan Vip Merlien Lidiya SH, bersama Wakil Ketua Dharmawanita Esti Levi, Kasi Pelayanan Umum Agustina, Hasma Faris dan Kepala Desa Q1 Tambahasri  Subagio

 

 

 

MEMBERIKAN MOTIVASI KEPADA PARA AKSEPTOR: Vip Merlien Lidya, SH didampingi petugas KB dan Wakil Ketua Dharmawanita Kecamatan Tugumulyo saat memberikan penyuluhan tentang KB kepada para akseptor KB di Desa Q1 Tambahasri. 

 

IBU MUDA: Salah seorang akseptor, termasuk dalam kategori ibu muda  di Desa Q1 Tambahasri saat memperoleh pelayanan dalam kegiatan tersebut.

Selain itu hadir juga petugas KB kecamatan, Koordinator Lapangan (Korlap) Faisal Anuwar,beserta petugas lainnya, pemegang Program KB dari Puskesmas Titin Misnawati Am.keb, dan petugas lainnya, Sugianti Am.keb, Eti Hernalia S.keb, Bella S.Tr.Keb, Marmini Am.Keb, Uci Widi Astuti Am.Keb. Melalui  kegiatan itu  TP PKK KB Kecamatan Tugumulyo  memberikan pelayanan KB gratis kepada 149 akseptor se-kecamatan melalui Puskesmas yang ada di Tugumulyo.

Vip Merlien Lidiya SH, menyampaikan kepada 15  akseptor KB yang hadir  untuk desa  Q1 Tambahasri bahwa memakai alat KB Intrauterine Device (IUD) atau KB spiral yang paling aman dan tidak berisiko dan beliau  mengajak untuk memakai alat kontrasepsi yang paling aman.

“Menurut saya satu-satunya alat KB yang aman adalah IUD karena saya pakai lho,” katanya sembari tersenyum.

 

BERIKAN PENYULUHAN PEMAKAIAN IUD: Petugas KB dan bidan saat memberikan penyuluhan tentang pemakaian IUD. 

Kemudian petugas KB juga menyampaikan kepada masyarakat untuk memakai alat KB yang paling aman seperti IUD atau spiral, dalam peragaannya petugas KB menyampaikan juga bahwa IUD adalah alat bukan obat jadi cocok sekali untuk kesehatan badan seperti keluarnya darah kotor teratur setiap bulan sesuai siklus  menstruasi.

Di sisi lain Kepala Desa Subagio mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara kegiatan, karena dengan adanya program KB seperti ini sangat membantu  ibu-ibu yang ber-KB dan bagi ibu-ibu yang sudah menerima pelayanan ini juga mengucapkan terimakasih langsung kepada petugas terutama penyelenggara  yang sudah memberikan pelayanan kepada mereka, tambah  ibu muda ini dengan bangga.

Teks/Foto: Hosiaroba

Editor: Sarono P Sasmito, SPd