Pererat Silaturahmi Dengan Para Ulama, Dandim 0418/Palembang Hadiri Haul Dan Ziarah Kubro

KUBRO (5)

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Bertempat di Kampung Sei Bayas Komplek Pemakaman Al Habib Pangeran Syarif Ali Basa, Kawah Tungkurep Kota Palembang atau tepatnya yang berada di sebelah Pelabuhan Boom Baru Palembang, pada hari Minggu (6/5/2018) Komandan Kodim (Dandim) 0418/Palembang, Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. menghadiri  acara Haul dan Ziarah Kubro Ulama dan Auliya Palembang Darussalam.

Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. mengatakan, “Sungguh merupakan kehormatan, saya diundang hadir dalam acara Haul Akbar ini, sebab dengan begitu saya dapat bersilaturrhami dengan para ulama dengan harapan akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT,” ungkap Dandim.

Salah satu ajaran para ulama yang sampai saat ini tetap lestari dan masih berlangsung karena merupakan tradisi baik adalah mencoba mengenang dan mengingat jasanya dengan menggelar haul. Haul adalah kegiatan bernuansa agama yang digelar saat hari wafatnya ulama dimaksud dengan tujuan untuk mengenang jasa selama hidup. “Inilah bedanya Ulama dengan Nabi. Ulama dikenal saat wafatnya, Nabi Muhammad pada hari lahirnya,” terangnya.

KUBRO (3)

Pemerintah Kota Palembang telah memasukkan Ziarah Kubro sebagai agenda tahunan. Bahkan, kegiatan ini disebut dapat menarik wisatawan lebih banyak. Iring-iringan marawis dan salawat bersahutan di sepanjang jalan di Kampung Sei Bayas menuju pemakaman ulama di Kawah Tengkurep. Selain berseragam putih, ada pula yang sengaja membawa atribut berupa payung pada zaman Kesultanan dan bendera dengan tulisan arab. Hal ini dilalukan hanya sekali dalam setahun menjelang Ramadhan.

Ribuan umat muslim yang hadir, bukan saja dari Kota Pelembang maupun wilayah Sumsel, bahkan ada yang dari berbagai negra seperti Singapura, Brunei Darussalam, Yaman, Malaysia hingga Arab Saudi.

“Ada puluhan ribuan umat muslim datang ke Palembang untuk ikut dalam Haul dan Ziarah Kubro tahun ini. Mereka tidak hanya dari Palembang dan Sumsel saja, tapi juga ada dari mancanegara,” kata Humas Haul dan Ziarah Kubro, Habib Mahdi.

Ziarah Kubro tidak hanya dipusatkan di Makam Kesultanan Palembang Darussalam di Kawah Tengkurep saja, tetapi ada juga ke beberapa lokasi wisata religi di Telaga Sewidak 14 Ulu dan Makam Ki Marogan. Dikatakan Habib Mahdi, umat muslim yang datang tidak hanya untuk ziarah, ada yang sengaja datang untuk bersilaturahmi dengan keluarga di Kota Palembang mengingat bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari.

KUBRO (4)

“Ya biasanya mereka silaturahmi juga dengan keluarga yang ada disini, dengan para ulama karena mereka sudah tinggal di luar negeri. Jadi kegiatan Ziarah Kubro ini sebenarnya kegiatan rutin jelang bulan suci Ramadan,” kata Mahdi.

Comments

Leave a Reply