hortilutura1

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan mendorong kabupaten/kota memiliki produk unggulan holtikultura agar dapat memenuhi kebutuhan sendiri sehingga tidak bergantung suplai dari daerah lain.

Asfan Fikri Sanaf, Staf Khusus Bidang Keuangan, Ekonomi dan Perbankan Sumsel, mengatakan jika daerah memiliki produk unggulan juga dapat berdampak pada pengendalian inflasi.

“Karena kalau impor dari daerah lain berarti biayanya lebih tinggi ketimbang produksi sendiri, daerah bisa mengembangkan potensi masing-masing dalam produk hortikultura,” katanya, Kamis(2/5/2019).

Asfan merujuk langkah yang telah dilakukan Bank Indonesia dalam menggendalikan inflasi dengan membuka pertanian bawang merah di Musi Rawas dan bawang putih di Pagaralam.

Menurut dia, langkah membuat kluster pengembangan potensi tersebut sangat layak ditiru oleh kabupaten lain yang ada di Sumsel.

Jika sudah berjalan dengan baik, Asfan menilai, dapat dilanjutkan dengan menggunakan sistem pertanian plasma-inti.

“Petanihanyasediakanlahannya, bibitdan pembelian produk pertanian dilakukan semuanya oleh inti. Dan harganya harus pantas,” katanya.

Dia menjelaskan skema plasma-inti ini sudah dikembangkan pada peternakan plasma boiler yang mana peternak hanya menyediakan kandang sementara kebutuhan lainnya di-support oleh peternak intinya.

“Apabilatidakmaudalamskemaplasma-inti, petanidapatmemintabantuanbibitdaripemerintahsementarauntukbiayaproduksinyamelaluipinjamanperbankan,” katanya.

Menurut Asfan, cara-cara ini sangat efektif untuk mengendalikan harga dalam kaitannya pengendalian inflasi.

Sementara itu Kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsih mengatakan sektor pertanian holtikultura di Sumsel sebetulnya jauh lebih menjanjikan dibandingkan sektor perkebunan karet dan sawit.

Berdasarkan data BPS disebutkan bahwa nilai tukar petani holtikultura di Sumsel selalu di atas angka 100 yang artinya petani tersebut meraup keuntungan.

“Sepertibawangmerahitu, sangatdibutuhkandiSumselkarenasejauhini90% diimpordariJawa. Tapipertanian bawang merah di sini masih sedikit dan perlu didorong,” katanya.

 

Comments

By admin

Leave a Reply