EMAIL TUP TMMD MUBA (2)Tabloid-DESA.com MUBA – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 tahun 2017 di wilayah Kodim 0401/Muba yang diselenggarakan di Desa Purwosari Kec. Lais Kab. Musi Banyuasin secara resmi ditutup oleh Kepala Staf Kodam II/Sriwijaya Brigjen TNI Marga Taufiq, S.H., M.H., Rabu (2/8).

Kedatangan Kasdam II/Sriwijaya  beserta rombongan disambut langsung oleh Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Czi Mulyadi, S.IP., Bupati Musi Banyuasin H. Dodi Reza Alex Nurdin beserta FKPD Kab. Musi Banyuasin dan para Danramil jajaran Kodim 0401/Muba. Juga sambutan meriah disampaikan oleh siswa siswi SDN Purwosari.

Dalam program TMMD ke 99 tahun 2017 Kodim 0401/Muba telah menyelesaikan pembangunan berupa pembuatan jalan produksi sepanjang 10 Km, pembangunan gorong-gorong 6 unit, pembangunan jembatan besi 3 unit, renovasi Mushola 1 unit dan pembuatan pos kamling 3 unit yang kesemuanya telah kelar 100 persen dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain kegiatan fisik juga dilaksanakan kegiatan non fisik selama pelaksanaan kegiatan TMMD yang telah dilaksanakan selama 30 hari yaitu penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan Hukum dan Narkoba, penyuluhan pertanian dan perternakan, penyuluhan kehutanan dan perkebunan, kegiatan Perjusami Pramuka Saka Wira Kartika  dan penyuluhan sosialisasi Pupuk Organik.

EMAIL TUP TMMD MUBA (3)

Dalam amanat Kasad selaku penanggungjawab operasi TMMD yang dibacakan Kasdam II/Swj menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil sehingga kegiatan TMMD ke-99 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Lebih lanjut Kasdam menyampaikan Program TMMD yang dimulai tahun 1980-an dengan sebutan ABRI Masuk Desa (AMD) yang telah berlangsung selama 37 tahun hingga kini dengan sebutan TMMD ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD ini semula dilaksanakan hanya sekali dalam setahun, mulai tahun ini dilaksanakan tiga kali setahun.

“Sebanyak 364 sasaran fisik diwilayah Kodam seluruh Indonesia, dengan pembangunan transportasi seperti pembangunan badan jalan, rehab jalan, rehab jembatan, pembuatan jembatan, rumah tidak layak huni, seluruhnya sudah seratus persen. Sedangkan penyuluhan masyarakat seperti Bela Negara”, jelas Kasdam.

EMAIL TUP TMMD MUBA (4)

Sementara itu, Bupati Musi Banyuasin H. Dodi Reza Alex Nurdin mengatakan, sesuai dengan misi Pemerintah, kita perbaiki insfrastruktur sampai ke pelosok-pelosok, salah satunya melalui program TMMD ini membangun jalan produksi yang akan dimanfaatkan masyarakat Desa Purwosari yang mayoritas berkebun karet, sehingga hasil kebun akan mudah keluar, dan kini tidak lagi melalui jalur air.

“Jadi pembangunan jalan ini bukan hanya untuk jalan produksi saja, tetapi nantinya sebagai jalan akses yang mana sudah dibangun jembatan, tapi jelan belum ada, ini sudah masuk dalam program infrastruktur kedepan, karena jalan ini bisa tembus dari Kec. Lalan ke jalan Negara, kita akan laksanakan pembangunannya bekerjasama dengan TNI melalui program Karyabhakti,” terang Bupati.

EMAIL TUP TMMD MUBA (5)

Usai pelaksanaan upacara penutupan TMMD ke-99 tahun 2017, Kasdam dan Bupati Muba beserta rombongan meninjau kegiatan Bhakti Sosial berupa berobat gratis, donor darah, khitaan massal dan pembagian sembako serta meninjau lokasi pembangunan jalan produksi sepanjang 10 Km dan pembangunan fisik lainnya.

Comments

By admin

Leave a Reply