PEDAGANG KORBAN KEBAKARAN PASAR CINDE SUMRINGAH, TERIMA KUCURAN MODAL DARI PEMPROV SUMSEL

TABLOID-DESA.COM, PALEMBANG – Sebanyak 31 pedagang korban kebakaran pasar Cinde yang terjadi pada  akhir November 2022 lalu. Terlihat senyum sumringah sebagai tanda  haru  mendapatkan bantuan modal   dari Pemerintah  Provinsi (Pemprov) Sumsel yang diserahkan secara ssimbolis oleh Sekda Sumsel SA Supriono mewaliki Gubernur Herman Deru yang dipusatkan di halaman kantor Dinas Perdagangan Provinsi   Sumsel, Kamis (22/12) pagi.

Dalam arahannya Sekda Supriono menegaskan, bantuan modal bagi eks korban kebakaran pasar cinde tersebut  dengan tujuan agar  mereka  dapat kembali melanjutkan usaha ekonominya.  Karena itu   bantuan yang diberikan   agar   dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai  modal usaha.

“Bantuan modal yang diberikan, gunakan untuk modal, sehingga dapat  memulihkan perekonomian Bapak dan Ibu sekalian,” harapnya.

Supriono merinci bantuan modal usaha  yang dikucurkan bagi pedagang eks korban kebakaran pasar cinde  tersebut diambil dari  pos dana biaya tak terduga (BTT) pada  APBD Provinsi Sumsel sebesar Rp. 391 Juta. Sedangkan untuk proses renovasi pasar cinde, tegas  Supriono pada  tahun 2023 mendatang Pemprov Sumsel akan menganggarkan dana  renovasi keseluruhan pasar cinde.

“Insya Allah Pemrov Sumsel telah menyiapkan dana yang akan dianggarkan untuk renovasi pasar cinde pada  tahun anggaran 2023,” paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan, Ir. Ahmad Rizali dalam laporannya mengatakan,besaran nominal bantuan yang diberikan  untuk para  korban kebakaran cinde   tidak sama antara pedagang yang satu dengan yang lainnya. Namun disesuaikan dengan  besaran kerugian yang dialami oleh pedagang yang menjadi  korban yang diawali dengan survei dan verifikasi dalam menentukan besaran bantuan yang akan disalurkan.

“Bantuan hari ini langsung   ditransfer kepada kerekening masing-masing   penerima bantuan,” pungkasnya.

Dilain pihak salah satu pedagang korban kebakaran pasar cinde  yang mendapatkan bantuan modal usaha  dari Gubernur mengaku sangat senang dan berjanji akan memanfaatkan modal yang telah diberikan untuk kembali melanjutkan usahanya berjualan di sekitar pasar Cinde.

“Terimakasih banyak untuk Bapak Gubernur Herman Deru atas bantuannya. Uangnya akan dijadikan modal  jualan lagi,” ucapnya dengan nada haru.

Pada kesempatan yang sama   Supriono   membuka pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan Provinsi  Sumsel.*