Ogan Komering Ilir Terima Hibah Dana Bencana

Bagikan:

DANA

Tabloid-DESA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, menerima dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana sebesar Rp27,5 miliar dari Kementerian Keuangan. 

Bupati OKI Iskandar di Kayuagung, Senin (28/11), mengatakan, Perjanjian Hibah Daerah (PHD) dalam Rehabilitasi dan Rekonstruski Pascabencana tahun anggaran 2016 ini telah ditandatangani beberapa hari lalu di Jakarta.

“Bantuan ini diberikan setelah terlebih dahulu diverifikasi lapangan, dengan parameternya penyebab bencana, penilaian kerusakan dari ringan, sedang dan berat oleh BNPB,” kata dia.

Ia berharap bantuan dana itu dapat membantu upaya rehabilitasi lahan sawah, jalan usaha tani maupun infrastrukutur yang rusak akibat bencana banjir di beberapa wilayah Kabupaten OKI.

“OKI bersyukur usulan sudah disetujui sehingga dana ini dapat digunakan membantu masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten OKI Azhar mengatakan pemkab akan menyalurkan bantuan hibah pemerintah pusat ini dengan mekanisme dan perundangan yang berlaku.

“Bersyukur sekali setelah beberapa bulan terakhir akhirnya OKI mendapatkan bantuan ini. Nantinya dana itu langsung akan di realisasi melalui mekanisme dan aturan yang berlaku,” kata dia.

Sebelumnya dilaporkan terdapat 6.480 hektare sawah lebak di OKI terendam banjir dan sebanyak 1.408 hektare sawah gagal tanam, fuso karena diguyur hujan dalam sepekan ini.

Wilayah yang terendam itu, Kecamatan Tanjung Lubuk, Kecamatan, Sungai Menang, Pampangan, SP Padang, Jejawi, Kecamatan Sungai Menang, dan lokasi Desa Serigeni Kecamatan Kayuagung.

BACA BERITA  Persit Korem Ajak Anak Yatim Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW
Bagikan: