Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Datangnya bencana tidak dapat diterka dan diduga, namun usaha untuk meminimalisir korban akibat bencana harus kita persiapkan. Apabila bencana itu datang, kita sudah siap dengan segala kemungkinan saat dan setelah bencana yang mengakibatkan dapak kerusakan. Salah satu usaha untuk mengantisipasinya adalah dengan mempersiapkan bantuan pangan pasca bencana.

Pemerintah provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Penaggulangan Bencana Daerah sudah menyiapkan cadangan beras untuk korban bencana alam di kabupaten-kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Selatan. Dan kondisinya telah siap didistribusikan bila terjadi musibah.

Hal tersebut dikatakan Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Iriansyah di Palembang, Rabu (13/12) mengatakan, berdasarkan laporan Dinas Sosial Sumsel cadangan beras itu saat ini sudah di kabupaten dan kota.

Dalam koordinasi itu telah menyampaikan telah siap membantu dan mengevakuasi masyarakat atau korban bila terjadi bencana alam tersebut.

Dia mengatakan, masing-masing daerah mendapatkan cadangan 100 ton beras dan itu siap didistribusikan bila terjadi bencana. Bila bencana skala besar maka Pemerintah Provinsi Sumsel siap membantu.

Berdasarkan pemetaan daerah rawan longsor di Sumsel di antaranya Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Muaraenim, dan Empat Lawang.

Sementara rawan banjir di antaranya Kabupaten Musi Banuasin, Banyuasin dan Ogan Ilir, Sumsel.

Comments

By admin

Leave a Reply