IKAN

Tabloid-DESA.com MUBA – Kebutuhan ikan masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan sebagian masih terganung dari sejumlah daerah luar kabupaten tersebut karena potensi perikanan yang cukup besar belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Kebutuhan ikan daerah ini sebagian masih tergantung pasokan dari luar, kondisi ini mendorong kami berupaya meningkatkan produksi ikan dengan memanfaatkan potensi perikanan yang tersedia di Bumi Serasan Sekate ini,” kata Sekda Musi Banyuasin Sohan Majid, di Sekayu, Sabtu (12/11) seperti diberitakan sumsel.antaranews.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan produksi ikan kabupaten ini, Pemkab mendorong Dinas Perikanan mengajak masyarakat menggalakkan budidaya memanfaatkan sungai, serta lahan di sekitar kawasan permukiman dan kebun.

“Selama ini kebutuhan ikan masyarakat sebagian masih dipenuhi dari sejumlah daerah terdekat di dalam wilayah Sumsel dan Jambi, kondisi ini menjadi perhatian serius jajaran Pemkab Musi Banyuasin untuk mandiri di sektor perikanan dengan memanfaatkan potensi yang ada bersama masyarakat,” ujarnya.

Melalui upaya peningkatan produksi ikan yang mulai dilakukan sejak beberapa tahun terakhir, diharapkan ke depan Bumi Serasan Sekate ini tidak lagi tergantung dengan daerah lain bahkan bisa memenuhi kebutuhan ikan masyarakat  daerah sekitar dan provinsi tetangga.

Peningkatan produksi melalui budidaya akan terus didorong karena produksi ikan di daerah ini sebagian besar masih tergantung dari alam, sehingga pasokannya di pasaran tidak bisa dipastikan jumlahnya.

Pasokan ikan di pasaran terkadang pada musim atau kondisi tertentu berlimpah dan sering juga terjadi kelangkaan yang dapat mengakibatkan harganya melambung dan tidak bisa memenuhi permintaan pasar secara maksimal.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya berupaya mendorong masyarakat setempat untuk melakukan pengelolaan potensi perikanan yang cukup besar tanpa mengandalkan kondisi alam sehingga produksinya bisa stabil dan tersedia sepanjang tahun.

Untuk mengelola potensi perikanan agar tidak tergantung dengan alam, masyarakat didorong untuk melakukan kegiatan budidaya dan bagi yang telah melakukan kegiatan tersebut akan didorong mengembangkan wilayah budidaya baru, ujar sekda.

Comments

By admin

Leave a Reply