JONCIK1

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Kabupaten Empat lawang harus mendapat perhatian seluruh kalangan, karena keamanan di wilayah tersebut belum terjaga dan aksi kriminalitas masih sangat tinggi. Karena itu, keamanan menjadi salah satu prioritas balon Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad.

Hal itu dikatakan Joncik Muhammad kepada Tabloid Desa kemarin. Menurut Joncik, Empat Lawang tidak akan pernah dilirik investor lantaran masih dilanda persoalan keamanan. Akibatnya, Empat lawang tidak akan pernah maju, jika masih dilanda persoalan mendasar tersebut. Dia menjelaskan, dirinya bersama masyarakat sangat merasa resah, sebab setiap hari terjadi aksi kriminalitas yang meresahkan masyarakatnya. “Kabupaten Empat lawang harus menjadi perhatian semua masyarakat, sebab persoalan tersebut akan terus terjadi selama tidak dilakukan intervensi keamanan oleh polisi, TNI, dan masyarakat,”tegas dia.

Menurut Joncik, persoalan ini harus cepat dicarikan solusinya, meski daerah tersebut selama ini cukup dijaga aparat kepolisian namun persoalan kejahatan masih tinggi. “Artinya, perlu peran TNI dan masyarakat untuk melakukan tindakan lebih lanjut. Karena bagaimana nanti Kabupaten Empat Lawang bisa maju, jika kondisi keamanan masih menjadi persoalan utama,”tambah dia.

Joncik menegaskan, kasus kekerasan, curat dan curas seperti begal hampir setiap hari terjadi. Pemerintah kabupaten setempat, harusnya dapat mengajak para steakholder dan masyarakat untuk bersama-sama membangun keamanan diwilayahnya. “Insya Allah, saya akan maju dalam pilkada serentak 2018 di kabupaten Empat lawang. Yang pertama akan kita perbaiki yakni keamanan wilayah agar Empat lawang dapat dibangun,”tegas dia.

Joncik Muhammad, warga kelahiran talang air asan, desa sawah kecamatan Mura Pinang Kabupaten Empat Lawang, 47 tahun yang lalu itu, dipastikan akan maju pada pilkada Empat Lawang bersama Julius Maulana. Sebab elektabilitas pasangan tersebut diperkirakan tertinggi dari pasangan lainnya.Menurut dia, berdasarkan hasil lembaga survei pemilu IT Politika, jika dipasangkan dengan nama Julius Maulana, dia berhasil memperoleh suara sebanyak 58 persen. “Lumayan bisa mendapatkan suara sebanyak itu dibandingkan dengan calon lain. Yang saya inget cuma lima kriteria, yaitu Populis, Tegas, Berani, Dekat dengan rakyat, dan Intelek. Itu yang membuat saya percaya diri maju dalam pilkada 2018 nanti, “kata Joncik.

Senada dikatakan wakil ketua DPD PAN Provinsi Sumsel, Aziz Kemis. Dia mengungkapkan, persoalan keamanan harusnya telah diselesaikan oleh pemerintah setempat, karena para investor akan menolak masuk dan membangun kabupaten Empat Lawang jika keamanan belum  terjaga. “Kedepan pemimpin Kabupaten empat Lawang harus memperioritaskan keamanan hingga para investor dapat masuk dan berinvestasi,”kata Aziz singkat.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, saat coffe morning bersama jajaran Polda Sumsel dan wartawan kemarin menjelaskan, tindak kejahatan 3C menjadi perhatian Polda Sumsel. Khususnya bagi Direktorat Reserse Kri minal Umum (Reskrimum). Pasalnya ada 30 jenis kejahatan yang di lakukan oleh para pelaku kejahatan. “Saya berharap penyelesaian kasus 3C bisa lebih tinggi lagi.

Saya harap bisa diatas 60%,” ujar mantan Kakorlantas Mabes Polri ini.

Dia menjelaskan, kasus 3C menempati posisi teratas. Tertinggi, adalah Curat. Untuk tahun 2016, ada3.636tindakpidana. Se – mentara penyelesaian kasus baru 1.733 atau hanya 47,66%. Be gitu juga dengan curas ada 1.526 tin – dak pidana. Sementara yang dise – lesaikan 869 atau 56,95% saja.

Sedangkan curan mor, ada 1.380 tindak pidana dan baru diselesai – kan 259 atau 18,73%. “Untuk memberantas kasus 3 C ini, tidak bisa sendiri, tapi ha – rus lintas sektoral, dan butuh ban tuan serta dukungan dari stakeholderyang ada,” tuturnya. Selain itu, dikatakan jenderal bintang dua ini, aksi begal termasuk yang paling disorot.

ν (Ronald)

Comments

By admin

Leave a Reply