LISTRIK7

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Kabupaten Empat lawang dinilai harus segera melakukan pembenahan di segala sektor, khususnya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Meski dinilai Kabupaten pemekaran yang miskin, namun sumber daya alam yang berlimpah harusnya bisa dimanfaatkan lebih baik untuk mencukupi kebutuhan listrik. Misalnya pembangkit tenaga listrik mandiri dengan mikro hidro yang memanfaatkan aliran air terjun.

Menurut Joncik Muhammad, pengelolaan mikrohidro harus segera di realisasikan dalam waktu dekat di Empat Lawang. Saat ini masyarakat disana sebagian masih belum menikmati listrik. “Ini yang sangat kita khawatirkan bagaimana kemajuan zaman dan tekhnologi yang terus berkembang ternyata masih banyak saudara kita di Empat Lawang yang belum menikmati penerangan listrik,”tegas Joncik.

Artinya, kata dia, harus ada upaya mendesak yang harus di perbuat untuk mengatasi hal tersebut. Yakni dengan tekhnologi pembangkit listrik mandiri mikrohidro. Yakni pembangkit listrik dengan cara memanfaatkan air terjun yang jumlahnya sangat banyak di Empat Lawang. “Mikro hidro ini bisa di realisasikan dengan cara mandiri, dengan cara swadaya yang bisa menghasilkan listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarkat desa tersebut,”jelas Joncik.

Sebenarnya, beberapa desa di Kabupaten di Sumsel ada yang telah membagi tekhnologi tersebut bahkan pemerintah juga sempat menjadikan percontohan. Sayangnya, sebagian besar pembangkit listrik mikro hidro tidak terawat dengan baik yang berakibat tidak berfungsinya alat tersebut. “Caranya cukup sederhana, yakni air terjun tersebut menghasilkan energi gerak yang menghasilkan listrik, kemudian dapat menghidupkan generator hingga bisa memberi daya listrik,”kata dia.

Saat ini, jelas Joncik, dirinya bersama masyarakat Empat Lawang tengah mengumpulkan jumlah air terjun yang berada dikawasan berpenduduk, yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. “Kita masih hitung berapa jumlahnya. Kalau ini terealisasi, artinya sedikit banyak bisa memberi hasil pada masyarakat secara luas,”tambah dia.

Tekhnologi Mikrohidrolik merupakan tekhnologi pembangkit listrik yang dinilai sangat murah, karena benar-benar memanfaatkan derasnya aliran air dari air terjun. Air terjun memutar tubin yang menggerakkan generator hingga menghasilkan sumber tenaga listrik yang dapat dinikmati oleh masyarakat desa. (Rnld)

Comments

By admin

Leave a Reply