NOBAR3

Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, 10 November 2017 menjadi hari yang istimewa bagi para Legiun Veteran Republik Indonesia yang ada di wilayah Kota Palembang, dimana Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos didampingi oleh Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. dan Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki serta Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Ramos Herlandes, SE., M.Si., M.M. usai upacara mengajaknya untuk nonton bareng (Nobar) film TNI Merah Putih Memanggil (MPM) di Studio 6, Cinema XXI PS Mall Palembang, Jumat (10/11).

Terlihat sebanyak 59 orang Veteran yang didampingi oleh keluarganya sedang menikmati film perjuangan tersebut. Dengan menonton film heroik yang bercerita tentang operasi gabungan TNI dalam melakukan pembebasan terhadap sandera dari pembajak kapal pesiar, termasuk WNI dan warga negara asing di suatu negara dengan izin khusus yang hanya berdurasi 112 menit itu, tepat di Hari Pahlawan, diharapkan akan memberi kebahagiaan tersendiri bagi para Legiun Veteran RI.

NOBAR2

Pangdam II/Swj saat menemani Nobar bersama Veteran mengatakan, kita mengajak para sesepuh kita atau para veteran nobar ini untuk mengingatkan memori mereka bahwa mereka adalah bagian dari orang yang memerdekakan bangsa ini. “Kita yang muda dan masih junior ini harus menyemangati mereka para Veteran, nonton film MPM ini untuk mengingatkan memori mereka bahwa mereka merupakan bagian dari orang-orang yang telah memerdekakan bangsa ini,” kata Mayjen TNI AM Putranto.

Lebih lanjut Pangdam II/Swj berpesan, bahwa walaupun dengan situasi dan kondisi yang berbeda dengan zaman dahulu, kita para generasi muda untuk tetap mengisi kemerdekaan Indonesia agar Indonesia tetap lebih baik dan maju kedepannya. “Kita harus menghormati dan apapun yang terjadi kita tidak melupakan jasa para pejuang karena tanpa mereka Indonesia tidak bisa menjadi bangsa yang besar seperti sekarang ini,” pesannya.

NOBAR1

Pada kesempatan yang sama, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. menyampaikan, bahwa film MPM ini untuk memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI), setiap saat selalu siap dalam melaksanakan tugas dalam menghadapi setiap ancaman yang akan memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia baik dari dalam maupun luar negeri. “Kami harap masyarakat Indonesia dapat mengetahui bahwa Indonesia mempunyai Prajurit TNI yang tangguh, yang selalu siap menjalankan tugas demi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan TNI ini adalah milik rakyat, berasal dari rakyat dan untuk rakyat,” terangnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Ramos Herlandes, SE., M.Si., M.M. menyampaikan, Bangsa Indonesia terbentuk berkat perjuangan para Pahlawan yang rela berkorban harta, benda, bahkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa. “Saya sampaikan jangan pernah kita melupakan sejarah, kita sebagai generasi penerus dan sebagai bangsa yang besar harus menghargai jasa para Pahlawan dengan tidak melupakan sejarah,” ujarnya.

Dandim juga menambahkan, banyak cara untuk menghormati dan menghargai jasa para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita, salah satunya dengan merawat tempat peristirahatan terkahir para Pahlawan, seperti yang dilakukan prajurit TNI Kodim 0418/ Palembang beberapa waktu lalu menggelar karya bhakti membersihkan Taman Makam Pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang Palembang. “Ini tak kalah penting makam Pahlawan sebagai simbol, kita bersihkan, kita rawat. Jadi keluarga yang masih hidup merasa diperhatikan, ini perlu peran semua pihak,” tuturnya.

Salah seoang Legiun Veteran Bapak Abdul Wahab mengaku banyak perbedaan yang dalam pola perjuangan masa dahulu seperti yang dia alami, dimana berjuang menghadapi peperangan dengan alat sedanya. Namun sekarang alat yang dimiliki TNI sudah jauh lebih baik. “Kalau dulu makan, senjata dan peluru nyari sendiri, nah kalau sekarang semua sudah disiapkan, oleh karenanya itu jauh lebih baik,” katanya.

Ia juga menyinggung masalah kesejahteraan yang ia alami dulu tidak sebaik sekarang, banyak para veteran yang tidak memiliki rumah setelah lepas dari tugas. Dan ia berharap kedepan tidak terjadi lagi kepada para prajurit.

Usai pelaksanaan Nobar dilanjutkan pemberian bingkisan dan tali asih dari Pangdam II/Swj kepada seluruh Veteran yang hadir dan secara simbolis diberikan kepada Bapak Kolonel (Purn) Hasyim dan Ibu Hj. Abasiyah anggota Legiun Veteran RI.

Hadir dalam Nobar tersebut Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos., Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP.,  Kababinminvetcaddam II/Swj Kolonel Inf Mangaraja Simanjuntak, S.I.P., Kapendam II/Swj Letkol Inf Imanulhak, Kasrem 044/Gapo Letkol Inf M. Sjahroni, SE., Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Ramos Herlandes, SE., M.Si., M.M., Pabandya Komsos Sterdam II/Swj Letkol Arm Hermansyah, para Kasi dan Pasi Korem 044/Gapo, Kapenrem 044/Gapo, Kasdim 0418/Plg, para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 0418/Plg.

Comments

By admin

Leave a Reply