• Sen. Agu 15th, 2022

Harga Pokok Pangan di Jabodetabek Stabil Jelang Ramadhan

Byadmin

Mei 15, 2017

SIDAK

Tabloid-DESA.com JAKARTA – Jelang bulan Ramadhan yang dalam hitungan hari, pemerintah tetap konsisten melakukan pengawasan terkait stok pangan dan jaga stabilitas harga. Dari data yang dirilis Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian di pasar tradisional seluruh wilayah Jakarta, harga beras medium ada dikisaran 10.629/kg dan yang termurah tercatat 9.423/kg. Cabai merah keriting di 37.500/kg, bawang merah di 37.000/kg, daging ayam diharga 33.071/kg, telur ayam 21.250/kg dan harga daging sapi masih diharga 122.550/kg, Jumat (13/5).

Sama halnya dengan Jakarta, untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya harga komoditi pangan utama tidak mengalami perbedaan signifikan, perbedaan harga hanya terlihat di komoditi bawang merah yaitu di kisaran 29.789/kg.

Stabilnya pasokan dan harga komoditas pangan utama jelang ramadhan tidak diikuti oleh bawang putih yang mengalami fluktuasi harga. Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam keterangan yabg disampaikan hari ini (12/5) mengatakan,”sudah kesepakatan nasional bahwa bawang putih impor tidak melebihi 38.000/kg, dan nanti saya akan cek dilapangan”.kata dia.

Untuk inflasi yang berkaitan dengan komoditas, data Bank Indonesia yang disurvey secara tetap di 82 kota juga merilis bahwa inflasi dibulan Mei masih normal yaitu 0,27 %, sedangkan inflasi tahunan (yoy) masih terkendali diposisi 4.21 %. Terkait masalah ini, Gubernur BI, Agus Martowardoyo mengatakan,”walaupun terkendali, kenaikan harga komoditi tetap harus diwaspadai”.

Disisi lain untuk mengantisipasi fluktuasi harga bawang putih, Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, akan segera mengeluarkan kebijakan tata niaga impor bawang putih, yang intinya mengharuskan setiap importir wajib melaporkan jumlah stok, posisi gudang penyimpanan serta tujuan distribusi.

Selain itu, kerjasama antar lembaga Polri, Kementan, Kemendagri, Bulog dan KPPU yang dicanangkan awal mei tahun ini sebagai bagaian komitmen pemerintah menjamin stok pangan aman dan menstabilkan harga.

Sidak Mentan dan Satgas Pangan

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama Ketua Satgas Pangan Mabes Polri  Mayjend  Satrio Wasisto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Rebo Jakarta Timur, Sabtu (13/5).

Menteri Pertanian yang tiba satu jam dari Ketua Satgas Polri menemukan harga bawang putih dengan harga Rp. 45 ribu. Tetapi satu jam kemudian Ketua Satgas tiba di lokasi yang sama dan ke pedagang yang sama menanyakan harga awang putih yang sama langsung dijawab harga Rp 32 ribu.

Disini ditemukan selisih harga yang sangat tinggi.  Temuan ini akan ditindaklanjuti oleh Satgas. Dalam rangka menstabilkan harga pemerintah telah mengucurkan 5 truk bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati.

Tinggalkan Balasan