Tabloid-DESA.comMENPORA JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) segera meluncurkan ajang olahraga Gala Desa Indonesia pada 25 April mendatang. Gala Desa dipastikan bakal menghidupkan budaya olahraga di desa-desa di Indonesia.

Deputi III Kemenpora Raden Isnanta menjelaskan bahwa Gala Desa akan digelar di 136 Kabupaten di Indonesia. Sebagai ajang yang untuk kali pertama digelar ini, jumlah kabupaten yang menyambut program tersebut dianggap sudah cukup bagus.

“Kenapa 136 Kabupaten/Kota, itu karena komitmen daerahnya. Mereka yang menawarkan diri dan mendaftar untuk mengikuti Gala Desa,” ungkapnya seperti dikutip juaranet.com.

Dalam ajang Gala Desa nantinya bukan hanya cabang olahraga yang dipertandingkan. Ada juga cabor lain seperti tenis meja, sepak takraw, bola voli, bulu tangkis, dan atletik.

Pada setiap cabor nantinya ada kategori berbeda yang diterapkan untuk dilombakan dan dipertandingkan. Untuk sepak bola hanya kategori umum yang dipertandingkan, sementara untuk atletik hanya mempertandingkan kategori pelajar.

“Kalau sepak bola kenapa hanya umum, karena kami sudah punya kompetisi liga pelajar. Kalau atletik kenapa hanya pelajar karena memang kami ingin mencari bibit atletik dari desa,” ungkapnya.

Untuk cabor bulu tangkis, tenis meja, sepak takraw, dan voli, dua kategori dipertandingkan yakni pelajar dan umum.

“Kick off Gala Desa ini secara resmi nanti digelar di Bulukumba, Sulawesi Selatan,” tutur Isnanta.

Gala Desa memiliki tujuan ganda. Selain memasyarakatkan olahraga dengan program ‘Ayo Olahraga’, Kemenpora juga ingin memaksimalkannya untuk memantau bibit atlet potensial.

Comments

By admin

Leave a Reply