DINSOS

Tabloid-DESA.com PENUKAL ABAB – Dinas Sosial Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Sumatera Selatan melakukan pendataan untuk persiapan memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu atau warga miskin di kabupaten tersebut.

“Pendataan itu mengacu petunjuk dari bupati untuk dilaksanakan sebagai upaya untuk mensejahterakan masyarakat kurang mampu,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumarwan, Kamis (16/2) seperti dikutip dari laman sumsel.antaranews.com.

Dinas Sosial melakukan jemput bola dengan mendatangi warga yang tidak mampu meski harus ke pelosok desa di PALI, bahkan di dalam hutan sekalipun.

Hal ini dilakukan jangan sampai bantuan-bantuan yang sampai nantinya salah sasaran dan warga tidak mampu terbantu.

“Warga yang kita temui, kita data dan langsung dibantu berupa paket sembako, pakaian sekolah anak dan selimut,” katanya.

Menurut dia, salah satunya target keluarga kurang mampu yang dikunjungi adalah Mansur (25) dan Miranti (22) warga Talang Nanas Ujung, Kelurahan Talang Ubi Timur, Kecamatan Talang Ubi PALI.

“Keluarga ini tinggal di sebuah pondok sempit dengan lebar 2,3 meter dan panjang 5 meter, di dalam kebun karet bersama satu anaknya,” kata Sumarwan.

Ia berharap, bantuan seluruh pihak untuk menginformasikan apabila ada warga yang mengalami kesusahan dan jauh dari jangkauan.

“Pihaknya juga akan menggandeng instansi terkait lainnya dalam membantu warga tidak mampu yang ada di Kabupaten PALI,” katanya.

Sementara, untuk program bedah rumah akan sampaikan ke Dinas Perumahan dan Penataan Ruang, serta Dinas Koperasi, Dinas Pendidikan, Dinas Pencatatan Sipil dan Dinas Kesehatan.

Banyak di antara warga yang tinggal di dalam kebun, belum memiliki KTP, anaknya belum sekolah dan ada juga dalam kondisi sakit.

Dikatakannya, untuk mengeluarkan warga dari garis kemiskinan diperlukan pembinaan usaha kecil menengah melalui Dinas Koperasi, dibina untuk membuat usaha yang bisa mendukung perekonomian keluarga pra sejahtera.

Comments

By admin

Leave a Reply