DESA

Tabloid-DESA.com BATURAJA –  UU Nomor 6 Tahun 2014 (UU Desa) beserta peraturan pelaksanaannya telah mengamanatkan pemerintah desa untuk lebih mandiri dalam mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya yang dimiliki. Didalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa menyebutkan, bahwa seluruh kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pelaporan serta pertanggungjawaban keuangan harus dilaksanakan dengan professional sehingga aspek penting dalam melaksanakan pembangunan desa adalah meningkatnya sumber daya manusia yang profesional khususnya aparatur pemerintah desa, yang nantinya dapat menggali kekayaan yang berpotensi memajukan desa.

Selanjutnya didalam melaksanakan manajemen pemerintahan desa, pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas, dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa yang baik (good village govermance).

Sehubungan dengan hal tersebut, agar aparatur pemerintahan desa dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam bidang manajemen pemerintahan desa diperlukan upaya meningkatkan pengetahuan dan sikap keterampilan aparatur desaSalah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah melalui Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Espetiga tahun 2017  yang telah dilaksanakan Pada Tanggal 24 Juli  2017.

Pada akhir pelaksanaan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintah desa agar jauh lebih baik melalui tata kelola pemerintahan yang Bersih, Transparan, dan Akuntabel. Demikian padat nya materi yang disampaikan oleh narasumber Heri Setiawan, Stp  (Tenaga Ahli) konsulatan Dana desa dari Kabupaten OKU, acara pelatihan tersebut di hadiri oleh Camat peninjauan Feri Iswan AP Msi beserta staff kecamatan dan Bpmd OKU yang diwakili oleh Rolen , Kades Espetiga Ujang Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini dan dia berharap kepada seluruh perangkat desa dapat bekerja lebih baik lagi masa sekarang dan yang akan datang. (amrul)

Comments

By admin

Leave a Reply