BPMP Sumsel Gelar Refleksi  Kolaborasi  Pemda dan BPMP  dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar, Aria: Ajang Umpan Balik dan Pijakan Bagi Implementasi  Merdeka  Belajar ke Depan

KEPALA BPMP SUMEL Aria Ahmad Mangunwibawa, S.Psi., M.Si saat memberikan sambutan sekaligus membuka  acara Refleksi  Kolaborasi  Pemda  dan  BPMP  dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Hotel Santika Palembang, Senin (27/11/2023). 

TABLOID-DESA.COM, PALEMBANG – Mengefektifkan fungsi dan perannya sebagai Badan Penjaminan Mutu Pendidikan ( BPMP) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek yang bertugas melaksanakan penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di provinsi sebagaimana diamanatkan Permendikbudristek Nomor 11 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sumatera Selatan menggelar Kegiatan Refleksi Kolaborasi  Pemda  dan  BPMP  dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Hotel Santika Palembang, 27 sampai 29 November 2023.

Hadir pada kesempatan tersebut kepala BPMP Sumsel,  Aria Ahmad Mangunwibawa, S.Psi., M.Si. Ketua Panitia Dr. Dian Ekawati, para Widyaprada seperti Pirdaus, SPd, MPd, Yulia SPd, MPd, Pemimpin Redaksi Swarnanews.co.id, Sarono P Sasmito,  serta 108 peserta dari kabupaten/kota se-Sumsel serta undangan lainnya.

Acara dimulai dengan melafaskan basmallah pada semua peserta, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Lalu dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia, Dr. Dian Ekawati, serta sambutan dan pengarahan oleh Kepala BPMP Sumsel Aria Ahmad Mangunwibawa, S.Psi., M.Si serta doa oleh Sugiono, MSi dari Kabupaten Muaraenim.

 

Ketua Panitia Kegiatan Dr. Dian Ekawati  yang juga Kapokja Inovasi dan transformasi  pembelajaran saat menyampaikan laporan

Dalam laporannya, Dian mengemukakan, BPMP mengawal kebijakan merdeka belajar antara lain Program Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, Perencanaan Berbasis Data, DAK Fisik dan Nonfisik, Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, dan ragam kebijakan merdeka belajar lainnya. Kemudian refleksi perlu dilakukan dalam rangka  mengidentifikasi ketercapaian tujuan kebijakan Merdeka belajar  yang telah dilaksanakan oleh Pemda satuan pendidikan dan komunitas belajar.

Di samping itu refleksi merupakan proses evaluasi dari serangkaian kegiatan  yang akan menjadi masukan  atau pijakan pada  program tahun berikutnya. Untuk itu BPMP Sumsel  memerlukan data atau informasi terkait sejauh mana  implementasi program kebijakan merdeka telah terjadi  di Pemda, satuan pendidikan dan komunitas belajar.

Refleksi juga  dilakukan untuk  memperoleh umpan balik terkait kebijakan KMB yang sudah dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di daerah. Bukan hanya itu refleksi juga  akan menjadi cerminan apakah program/kebijakan memberikan dampak kepada pemda ataupun stakeholder terkait. Terkait hal tersebut maka BPMP melakukan kegiatan Refleksi sebagai bahan informasi dan data yang akan dijadikan pijakan untuk program yang akan datang.

 

ENERGIK: Kepala BPMP Sumsel  Aria Ahmad Mangunwibawa, S.Psi., M.Si sesaat usai wawancara dengan Pemimpin Redaksi Tabloid Desa Sarono P Sasmito. Beliau selalu energik dalam upaya memajukan mutu pendidikan di Sumatera Selatan.  

Sementara itu Aria dalam kata sambutan dan sekaligus membuka acara tersebut memberikan apresiasi sebesar-besarnya  atas kehadiran para peserta. Pemberlakuan Merdeka belajar ini telah memasuki tahun keempat tentu telah banyak yang dilakukan bersama-sama. Kalau kita melakukan flashback kembali banyak hal yang telah kita lakukan untuk IKM dengan prinsip kolaborasi atau bergotong royong. Apa yang kita harapkan di tingkat nasional tak akan bisa kita capat tanpa upaya tingkat provinsi hingga kabupaten kota.

“Artinya apa yang Bapak Ibu lakukan di kabupaten kota menjadi andil yang sangat besar untuk keberhasilankita secara nasional,” tegasnya seraya membuka acara tersebut secara resmi.

Pada  kesempatan terpisah, Dian sebagai Ketua Panitia pelaksana menambahkan, kegiatan ini diawali dengan berbagai persiapan yakni persiapan Internal Pokja dan Pimpinan, Rapat persiapan Internal Pimpinan, Penyiapan persuratan dan panduan, penyiapan materi bimtek dari narsumber. Kemudian dilakukan Refleksi Kolaborasi Pemda dan BPMP dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Kemudian usai  melakukan kegiatan Refleksi ini akan dijadikan bahan informasi dan data yang akan dijadikan pijakan untuk program IKM dan Merdeka Belajar yang akan datang

 

ANTUSIAS: Ratusan peserta kegiatan dari kabupaten kota se Sumsel tampak antusias mengikuti kegiatan

Beberapa peserta seperti, Yudi Markos, SPd, MSi dari  Kabupaten Lahat, Kastubi dari Kabupaten  OKI  dan peserta lainnya menyatakan akan memanfaatkan momen ini untuk memberikan masukan didasarkan dari hasil refleksi dan diharapkan akan berdaya guna untuk menyusun langsung sukses  IKM dan Merdeka Belajar di masa depan.

Foto: Dok BPMP Sumsel

Teks/Editor: Sarono P  Sasmito, SPd