BANGKA1Tabloid-DESA.com SUNGAI LIAT – Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo,S.IP. kembali melakukan penebaran BIOS 44, kali ini penebaran dilaksanakan keluar pulau Sumatera yaitu di Pulau Bangka tepatnya di lahan bekas tambang PT. Timah Smelter Mandiri Jeliti Sungai Liat Bangka Induk Babel dan lahan pertanian di Desa Matras Kec. Sungai Liat Kabupaten  Bangka Induk Prov. Babel pada hari Minggu tanggal 30 April 2017.

BANGKA2

Seperti yang telah dilakukan di tempat lain, penebaran BIOS 44 ini untuk mensosialisasikan manfaat BIOS 44 ke seluruh lapisan masyarakat sekaligus membantu warga dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian maupun perikanan serta mengurai lahan bekas tambang menjadi lahan yang produktif dan dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian maupun perkebunan.

Pada kegiatan ini Danrem 044/Gapo dapat bertemu dengan tokoh masyarakat, para petani dan pejabat daerah setempat, dalam memberikan informasi mengenai manfaat menggunakan BIOS 44,  kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan penebaran benih BIOS 44 dilahan bekas tambang PT Timah Smelter Mandiri Jeliti dan lahan persawahan milik masyarakat Sungai Liat.

BANGKA3

Dalam keterangannya Komandan Korem 044/Gapo mengatakan, BIOS 44 adalah hasil inovasi Korem 044/Gapo yang ramah lingkungan kerena merupakan gabungan mikroorganisme bila ditebarkan dilahan gambut dapat mencegah kebakaran, dan jika ditebarkan di lahan pertanian atau perikanan akan menjadi lebih produktif karena terjaga ekosistemnya serta bila di tebarkan di lahan bekas tambang yang tandus, lahan tersebut akan menjadi produktif.

“Kegiatan penebaran BIOS 44 ini merupakan upaya TNI khususnya Korem 044/Gapo dalam membantu tugas Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat. Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI AD dan sebagai implementasi dari jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara profesional yang selalu manunggal dengan rakyat,” terangnya.

BANGKA4

Sementara itu Dandim 0413/Bangka Letkol Inf Daniel Nainggolan menyambut gembira atas diperkenalkan BIOS 44 di wilayahnya yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan hasil pertanian dengan penggunaan BIOS 44 tersebut.

“Bios 44 ini baru pertama kali ini diperkenalkan di wilayah Bangka, dan saya berharap dengan adanya BIOS 44 masyarakat di wilayah Bangka ini dapat terbantu,” terang Dandim.

BANGKA5

Kepala Dinas Pertanian Bangka Induk Bapak Keimas memberikan apresiasi yang positif atas prakarsa dari Korem 044/Gapo yang telah memberikan terobosan dengan pemberian BIOS 44 untuk mengatasi lahan bekas tambang yang tandus kini bisa dimanfaatkan menjadi lahan pertanian maupun perkebunan. Di wilayah Bangka masih banyak potensi lahan untuk dikembangkan dengan menggunakan BIOS 44, yang diharapakan akan meningkatkan produktivitas hasil pertanian warga setempat.

“Saya sangat gembira dengan adanya terobosan yang dilakukan Korem 044/Gapo untuk mengatasi lahan bekas tambang, ini akan saya tindaklanjuti dengan Kodim 0413/Bangka dan Kompi Senapan B Yonif 141 untuk pengolahan lebih lanjut,” terangnya.

BANGKA6

Pada kesempatan yang sama Bapak Sopian Ketua Kelompok Pertanian Desa Matras Kec. Sungai Liat Bangka Induk, menyambut baik upaya ini, dan diharapkan akan berkelanjutan sehingga dapat membantu para petani dalam mengatasi masalah biaya untuk membeli pupuk yang selama ini terkendala biaya.

Comments

By admin

Leave a Reply