Tabloid-DESA.com Prabumulih – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meresmikan pembangunan dan pemberian rumah bagi penyapu jalan di Kota Prabumulih, Minggu (17/10/21). 

Pemberian rumah bagi warga Sumsel ini merupakan program pemerintah Kota Prabumulih yang bekerjasama dengan pemerintah pusat. 

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, pemberian rumah bagi para penyapu jalan ini menjadi terobosan baru yang dilakukan pemerintah daerah dalam memperhatikan masyarakat miskin. 

Menurutnya, kreativitas setiap daerah akan berbeda satu dengan yang lainnya. Namun, dari semua jenis keragaman ini kreativitas produktif dan peduli ada di Kota Prabumulih. 

“Ini hasil kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, pemerintan pusat, provinsi, TNI, Polri dan lain sebagainya,” ucapnya. 

Pihak mendorong, pemerintan daerah terus memperhatikan masyarakat miskin agar lebih sejahtera. Hal ini menjadi salah satu fokus yang dilakukan pemerintah provinsi yakni mengurangi angka kemiskinan. 

“Kedepan bukan hanya para penyapu jalan saja. Bisa saja menyasar ke kelompok atau komunitas masyarakat yang lainnya juga,” harapnya. 

Dalam kesempatan ini, Gubernur Sumsel mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Prabumulih karena telah melakukan kerja yang luar biasa. 

“Kerja keras dan kerja cerdas tentu harus diawali dengan niat yang baik. Kota Prabumulih telah memulainya,” ucapnya. 

Herman Deru mendorong program yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan dan pengurangan kemiskinan harus menjadi proritas pemerintan daerah di Sumsel. 

Sementara itu, Walikota Prabumulih, Ridho Yahya mengatakan, ada 230 rumah yang akan dibangun dan diberikan kepada para penyapu jalan di Kota Prabumulih. 

“120 diantaranya kita berikan kepada penyapu jalan. Sisanya kita berikan bagi pemulung, tukang becak dan para penyandang disabilitas,” ucapnya. 

Dijelaskannya Ridho, program rumah tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat kurang mampu yang ada di Kota Prabumulih. 

“Program ini sebagai upaya mendung pemerintan provinsi dan pusat dalam mengurai jumlah masyarakat yang miskin. Kita berharap pemberian rumah layak huni ini bisa terus terlaksana dan semakin bertambah di tahun mendatang,” tegasnya. 

Tak hanya itu, Ridho mengaku, program rumah bagi penyapu jalan menjadi satu dari 14 program unggulan milik pemerintah Kota Prabumulih. 

“Kita terus melakukan upaya agar semua program unggulan Pemkot Prabumulih bisa terlaksana dengan baik. Serta memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat,” imbuhnya. 

Usai meresmikan pembangunan rumah bagi penyapu jalan, Gubernur Sumsel, Herman Deru didampingi Walikota Prabumulih, Ridho Yahya turut meresmikan gedung PCR milik RSUD Kota Prabumulih, sekaligus memantau proses vaksinasi ibu hamil. 

Selain itu, Gubernur Sumsel bersama Walikota Prabumulih turut memberikan bantuan operasional Markas Cabang LVRI dan insentif anggota LVRI, Warakawuri, Piveri dan Perip, insentif ustad/ustazah dan petugas mengkapani jenazah, penjaga tempat ibadah, kebersihan makam, tenaga Kesejahteraan sosial kecamatan, pekerja sosial masyarakat, dan Taruna Siaga Bencana triwulan III tahun 2021, pembagian honor LINMAS, insentif ketua RT, RW, LPM dan adat yang berlangsung di pendopoan rumah dinas Walikota Prabumulih.*

Comments

By admin