BERAS4Tabloid-DESA.com PALEMBANG – Korem 044/Gapo terus berinovasi, yang sebelumnya telah berhasil mengembangkan penggunaan BIOS 44 untuk merestorasi lahan gambut, pengembangan budidaya ikan dan perkebunan serta merestorasi lahan bekas tambang, kini dikembangkan pula untuk membantu petani padi dalam meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani yaitu dengan mengembangkan penggunaan BIOS 44 sebagai pupuk alami pada tanaman padi yang diberi nama Gapo Natural Healty Rice, Kamis (27/4).

BERAS3

Gapo Natural Healty Rice adalah beras organik dari varietas Ciherang yang merupakan beras sehat alami yang dikelola secara organik dengan mengedepankan keraifan lokal menggunakan BIOS 44 sebagai pupuk alami dan Liquid Foq sebagai pestisida organik alami.

Adapun cara penanamannya adalah pertama benih padi disemai selama lebih kurang 4 hari (dari proses penyemaian selama 4 hari menghasilkan kecambah setinggi 4-5 cm). Untuk lahan 1 Ha sawah memerlukan 4 Kg benih varietas yang diambil dari hasil panen itu sendiri.

Dalam proses penyemaian benih, lahan diolah dan ditebar dengan menggunakan BIOS 44 selama 4-5 hari kemudian benih ditanam satu per satu dengan kedalaman 0,5 – 1 cm, dengan cara tanam seperti ini dapat menghasilkan 20-25 rumpun padi dan sudah dapat terlihat pada usia tanam 14 hari. Di usia 14 hari ini dibentuk jajar legowo yaitu proses penyulaman dengan cara dalam lima banjar tanaman padi diambil satu banjar sebagai sulam.

BERAS5

Proses selanjutnya perawatan dan pemeliharaan selama masa tanam dilakukan sama halnya dengan perawatan padi pada umumnya. Sedangkan pengendalian hama dan penyakit dilakukan apabila mulai terjangkit hama/penyakit, dengan menggunakan pestisida alami yaitu asap cair yang terbuat dari proses destilasi tempurung kelapa, maupun cangkang sawit.

Pada usia tanam 100 hari padi sudah bisa di panen. Dengan pengembangan ini dalam 1 Ha sawah saat ini dapat menghasilkan 6 s.d 7 Ton gabah kering, yang sebelum menggunakan BIOS 44 hanya menghasilkan maksimal 5 Ton gabah kering.

BERAS1

Adapun keunggulan dari beras organik hasil inovasi Korem 044/Gapo yang bernama Gapo Natural Healty Rice adalah beras alami dan aman untuk dikonsumsi, nasi lebih pulen, kenyal dan bertekstur serta tidak cepat basi, beras yang disimpan tidak berkutu.

Comments

By admin

Leave a Reply