semprot

Tabloid-DESA.com BANGKO – Kopda Kiswanto anggota Koramil 01/Batang Asai Kodim 0420/Sarko melaksanakan pendampingan upsus pada Kelompok Tani Karya Mandiri yang diketuai oleh Bapak Mashuri guna penyemprotan penggerek Batang. 

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kopka Kiswanto yang  terjun Iangsung ke sawah menyemprot hama padi milik anggota Kelompok Tani Karya Mandiri dengan tujuan agar tanaman padi dapat tumbuh dengan subur serta pada saat panen dapat meningkatkan hasil pertaniannya.

Dalam kegiatan tersebut Babinsa Kopda Kiswanto mengungkapkan, membantu petani menanggulangi ancaman hama ulat dan wereng coklat. Disamping itu para petani dianjurkan untuk melaksanakan pengeringan sawah pada waktunya, sehingga semua sebagai predator juga akan membantu para petani memangsa telor keong mas, wereng coklat, ulat penggerek batang (walang sangit) dan memangsa hama Iain. Ungkapnya, Senin (11/3/2019).

Menurut Babinsa, bahwa “penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama ulat pengulung daun maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi,” jelas Babinsa.

Selain itu, Babinsa bersama kelompok tani juga lakukan sosialisasi untuk mengajak para petani proaktif menaggulangi serangan hama ulat pengulung daun maupun hama tanaman yang lainnya seperti tikus dan wereng sebagai antisipasi pengendalian hama menyerang tanaman padi. Dengan hal tersebut Babinsa juga menghimbau kepada para petani untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama tersebut.

Babinsa juga selalu mengingatkan Kepada Para Petani selalu mengecek perkembangan padi yg berumur 1 bulan dan selalu di pantau dan dilihat perkembanganya kalau ada tanda tanda perkembangan tidak baik agar segera diadakan penyemprotan.

Ketua Kelompok Tani Karya Mandiri Bapak Mashuri mengatakan, bahwa mereka selalu berkoordinasi dengang Babinsa dan PPL apa bila ada tanaman padi yang kurang baik pertumbuhanya, sehinga petunjuk dari Babinsa dan PPL untuk dilakukan Penyemprotan Atau pemupukan, agar perkembangan padi menjadi lebih baik dan diharapkan hasil yang di capai sesuai dengan harapan dan bisa mendukung ketahanan pangan, ujarnya.

Dan saya ucapkan terimakasih Kepada Babinsa yang selalu Aktif dan langsung turun ke Sawah membantu dan memberi semangat Kepada para petani yang berada di Desa Bukit Berantai sehingga para petani tambah semangat dan termotifasi untuk meningkatkan hasil pertanian yang maksimal terutama Padi, ucapnya.

Comments

By admin

Leave a Reply