PENAS1Tabloid-DESA.com BANDA ACEH – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengirim sebanyak 132 peserta pada Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke XV tahun 2017 di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Presiden Republik Indonesia,  Ir Joko Widodo, secara resmi membuka acara yang dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa Desa Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, Sabtu (6/5).

Dalam event yang diikuti para petani dan nelayan se Indonesia bahkan tingkat asia ini, mengusung tema memantapkan kelembagaan tani nelayan dan tani hutan sebagai mitra kerja pemerintah dalam rangka kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan menuju kesejahteraan petani dan nelayan Indonesia.

PENAS3

Penjabat (Pj) Bupati Muba, H Yusnin, yang hadir langsung dalam Penas KTNA mengungkapkan, melalui event ini, para Kontingen asal Kabupaten Muba yang tergabung dalam kelompok KTNA dapat memanfaatkan moment ini untuk mengembangkan kemitraan agrobisnis yang berdaya saing.

“Juga sebagai wadah kegiatan belajar mengajar, tukar menukar informasi dan pengalaman, serta pengembangan kemitraan kerja sama antara petani nelayan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan Pemerintah,” ujarnya.

Beliau berharap, dengan dilaksanakannya PENAS ini juga dapat mengembangkan pertanian di Muba guna meningkatkan produksi dan pendapatan petani. Selain itu juga beliau berpesan agar seluruh delegasi menjaga nama baik daerah selama event tersebut. Beberapa isu pertanian dan perikanan yang menjadi sentra pengembangan di Muba agar di tonjolkan secara maksimal dan ideal, sehingga output dari pelaksanaan penas KTNA dapat di wujudkan dan dirasakan manfaatnya nanti. “Kami harap seluruh delegasi Muba tetap menjaga nama baik daerah,” terangnya.

Perhelatan PENAS KTNA berlangsung dari tanggal 6-11 Mei ini antara lain Rembug Madya dan Rembuk Utama Temu Profesi Petani dan Penyuluh. Selain itu, juga digelar Expo Agroforesty, Expo Aquaaculture, Expo Hortikultura Nasional, Expo Peternakan Nasional, Gelar Teknologi, Promosi serta Pasar lelang  produk-produk hasil pertanian.

Dalam ajang ini kontingen asal Muba dipimpin langsung oleh Ketua KTNA Muba, H Abusari SH MSi. Turut hadir juga Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir H Sulaiman Zakaria, MT, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Ir A Thamrin dan Kepala Dinas Kesbangpol H Soleh Naim SE MM.

PENAS2

Menurut Abusari, dalam event ini diikuti sekitar 35 ribu orang di seluruh Indonesia bahkan tingkat Asia. Mereka diantaranya perwakilan petani nelayan se Indonesia, petani asian dan mitra asosiasi dan organisasi profesi petani, para penyuluh, peneliti aparatur dan pemangku kepentingan lainnya.

“Tujuan dari pelaksanaan event tersebut diantaranya mempererat tali persaudaraan sesama petani nelayan, berbagai pengalaman sesama dalam usaha tani mengembangkan kemitraan dan terjalin kerjasama antara petani, nelayan dan petani hutan, termasuk para  peneliti penyuluh swasta dan pemerintah. Membangkitkan semangat dan tanggung jawab dan kemandirian petani sebagai pelaku utama dalam pembangunan pertanian perikanan dan kehutanan,“ tambahnya.

Comments

By admin

Leave a Reply