Warga Lubuk Batang Lama OKU Kompak Bangun Jalan Lingkar Desa

Pembangunan Jalan di Lubukbatang OKU

BANYAK yang beranggapan bahwa pembangunan adalah sepenuhnya tanggung jawab pemerintah. Padahal, keberhasilan pembangunan tidak hanya menuntut peran pemerintah, tapi juga dibutuhkan peran serta aktif masyarakat. Hal ini bisa dilihat pada pembangunan infrastruktur jalan di Desa Lubuk Batang Lama, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Tahun ini, Desa Lubuk Batang Lama merealisasikan pembangunan fasilitas jalan lingkar desa yang baru. Kepala Desa Lubuk Batang Lama, Jusimani, mengatakan pembangunan ini penting untuk pengembangan desa karena mengingat seiring bertambahnya jumlah penduduk di Desa Lubuk Batang Lama, maka diperlukan infrastruktur transportasi yang dapat memperluas permukiman dan mengangkut hasil bumi dari lahan perkebunan dengan baik.

“Pengerjaannya telah dimulai pada Senin (1/6/2016) lalu. Jalan baru tersebut mulanya direncanakan sepanjang 1000 meter dengan lebar 5 meter dengan dana yang dianggarkan dari Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp55 juta mencakup pembukaan lahan, sewa alat berat, dan upah pekerja,” papar Jusimani.

Dijelaskannya lebih lanjut, dalam pelaksanaannya pihak desa mempekerjakan tenaga warga setempat, kecuali alat berat yang mesti disewa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui dana desa, sesuai dengan semangat Undang-undang Desa, bahwasanya pembangunan infrastruktur desa bersifat “Padat Karya”.

Pembangunan jalan ini disambut positif oleh masyarakat setempat. Mereka sangat antusias dan senang melihatnya. Hal ini terbukti dengan keikhlasan warga menghibahkan tanah beserta tanaman di atasnya untuk dijadikan jalan baru, sebagian lain membantu secara bergotong-royong merintis, mengarahkan dan mengawasi proses pembangunan tersebut.

“Bahkan kemudian atas usulan masyarakat sendiri, jalan baru ditambah lagi 300 meter, juga lapangan sepak bola seluas 1 hektare. Atas inisiatif itu, masyarakat secara sukarela menghibahkan tanah dan mengerjakannya secara swadaya. Berkat antusiasme dan bantuan masyarakat pula pembangunan ini berjalan lancar tanpa hambatan dan hanya diperlukan 10 hari untuk menyelesaikannya,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, pembangunan jalan ini masih akan berlanjut. Telah direncanakan, jalan ini akan dicor beton tahun depan, sesuai dengan harapan masyarakat selama ini.

 

Teks : Kadin Kumala         Editor: Muhammad Ikhsan

Comments

comments